Alex Lowes Resmi Tinggalkan Yamaha di WorldSBK 2020

Anindhya Danartikanya | 30 September 2019, 12:05
Pebalap Pata Yamaha WorldSBK, Alex Lowes (c) Yamaha
Pebalap Pata Yamaha WorldSBK, Alex Lowes (c) Yamaha

Bola.net - Yamaha Motor Europe secara resmi mengumumkan hengkangnya Alex Lowes pada akhir musim nanti, yakni setelah WorldSBK Qatar digelar di Losail pada 24-26 Oktober mendatang. Pengumuman ini mereka rilis usai Lowes finis ketiga dalam balapan kedua (Race 2) di Magny-Cours, Prancis, Minggu (29/9/2019).

Rumor soal kepergian Lowes sejatinya sudah berembus di paddock WorldSBK sejak musim panas, dan akhirnya dikonfirmasi sendiri oleh Yamaha. Pebalap Inggris ini telah membela Yamaha sejak 2016, yakni setelah pabrikan Garpu Tala memutuskan untuk kembali kompetisi secara penuh di WorldSBK lewat Pata Yamaha WorldSBK.

Selama membela Yamaha, Lowes mengoleksi 13 podium dan 1 kemenangan. Ia juga membantu Yamaha memenangi Suzuka 8 Hours 2016, 2017, dan 2018. Berkat hasil 2016, ia diberi hadiah uji coba motor YZR-M1 milik Monster Yamaha Tech 3 di MotoGP, dan menggantikan Bradley Smith yang cedera di Inggris dan Misano.

1 dari 2 halaman

Sempat Ingin Pertahankan Lowes

Presiden Yamaha Motor Europe, Eric de Seynes, mengucapkan terima kasih kepada Lowes atas kesuksesan mereka di WorldSBK dan Suzuka, begitu juga komitmennya dengan Yamaha dan proyek Superbike mereka, karena rider 29 tahun itu telah menjadi bagian penting dari proyek tersebut sejak awal.

"Sebuah keputusan sulit untuk tak melanjutkan kerja sama dengan peran yang sama pada 2020, tapi kami sempat berharap ia tetap ada di Keluarga Yamaha. Kami tahu ada risiko, dan sayangnya, risiko itu jadi nyata, dan Alex takkan bersama Yamaha lagi musim depan," ungkap de Seynes.

2 dari 2 halaman

Tim Mana yang Dituju Lowes?

De Seynes pun mengharapkan yang terbaik untuk masa depan saudara kembar rider Moto2, Sam Lowes, itu. "Bekerja dengan Alex selama empat musim terakhir sungguh menyenangkan bagi saya, dan atas nama Yamaha dan diri saya sendiri, saya mengharapkan kesuksesan bagi Alex di masa mendatang," tutup pria asal Prancis ini.

Belum diketahui tim mana yang akan dibela Lowes musim depan, namun tempatnya di Yamaha santer dikabarkan bakal diambil alih Toprak Razgatlioglu yang saat ini membela Kawasaki di bawah bendera Turkish Puccetti Racing.

Saat ini Lowes tengah duduk di peringkat ketiga pada klasemen pebalap WorldSBK dengan koleksi 279 poin, unggul 5 poin saja dari sang tandem, Michael van der Mark di peringkat keempat. Ia juga unggul 19 poin dari Razgatlioglu di peringkat kelima.

Sumber: Yamaha Motor Europe

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR