BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Alex Briggs Resmi Pastikan Takkan Ikut Valentino Rossi ke Petronas

25-09-2020 15:02 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Salah satu mekanik Valentino Rossi yang setia, Alex Briggs, akhirnya mengonfirmasi bahwa dirinya memang takkan ikut The Doctor pindah ke Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan via Twitter di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat (25/9/2020).

Pada Kamis (24/9/2020), Rossi mengumumkan dirinya belum tanda tangan kontrak dengan SRT, namun sudah pasti akan balapan tahun depan bersama tim asal Malaysia itu. Ia juga dengan kecewa mengonfirmasi bahwa Briggs, dan Brent Stephens takkan ikut pindah tim.

Briggs, seperti Stephens dan Bernard Ansiau, adalah tiga mekanik yang selalu mendampingi Rossi sejak debutnya di GP500 pada 2000 silam. Mereka bekerja dengan Rossi bersama mekanik yang satu lagi, Gary Coleman, yang pensiun pada 2016, juga crew chief Jeremy Burgess yang pensiun pada akhir 2013.

1 dari 3 halaman

Hentikan Tradisi Boyong Seluruh Kru

Valentino Rossi dan Alex Briggs (c) Yamaha Valentino Rossi dan Alex Briggs (c) Yamaha

Rossi diketahui punya tradisi selalu memboyong seluruh krunya setiap kali pindah tim, namun kali ini ia tak dapat izin. Team Principal SRT, Razlan Razali, menyatakan bahwa langkah tegas ini diambil karena SRT sudah susah payah mengurasi kru terbaik sejak 2018 lewat sang manajer tim, Wilco Zeelenberg.

Kini, Briggs pun mengonfirmasi perpisahan mereka. "Kalian mungkin sudah dengar kabar bahwa saya takkan ikut The Rider (julukan Briggs untuk Mick Doohan dan Rossi) ke Petronas tahun depan. Meski saya ingin melihat kariernya sampai akhir dan ia sudah berusaha mewujudkannya, ternyata ini tak sejalan dengan pikiran Petronas," ujar eks mekanik Mick Doohan ini.

"Saya juga sudah tahu sejak Jerez bahwa tak ada tempat bagi saya di Monster Factory tahun depan. Jadi, kini saya merupakan free agent dan akan mempertimbangkan semua tawaran. Tapi yang paling memungkinkan adalah saya akan tinggal di Australia sepanjang tahun depan usai 28 musim bekerja di kejuaraan dunia bersama para pembalap terbaik di sejarah balap dunia," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Sudah Seperti Keluarga Sendiri

Lewat Motorsport.com, Rossi juga mengaku sangat sedih harus berpisah dengan Briggs dan Stephens, apalagi mereka sudah berjanji akan pensiun bareng suatu saat nanti. Rossi bahkan meminta maaf karena usahanya meyakinkan SRT untuk memperbolehkan mereka bergabung benar-benar ditolak.

Rossi diketahui hanya akan membawa David Munoz (crew chief), Matteo Flamigni (teknisi data), dan Idalio Gavira (pelatih balap) ke SRT. Belum diketahui bagaimana nasib dua mekanik lainnya, Ansiau dan Mark Elder, namun rider berusia 41 tahun ini menyatakan bahwa Briggs dan Stephens sudah jelas takkan ikut.

"Saya akan bawa Matteo, David, dan Idalio, tapi saya sangat sedih takkan ada Alex dan Brent, karena tiap kali saya masuk garasi, rasanya seperti di rumah sendiri. Bagi saya mereka bukan sekadar mekanik, mereka anggota keluarga saya, karena kami sudah bersama selama 20 tahun. Saya bakal sedih tanpa mereka tahun depan," ujarnya.

Sumber: Twitter, Motorsportcom

3 dari 3 halaman

Video: Kembali Bergulir, MotoGP 2020 Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

KOMENTAR