BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aleix Espargaro Tak Sabar Lihat Andrea Dovizioso Jajal Motor Aprilia

26-03-2021 10:56 | Anindhya Danartikanya

Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing/Ducati Corse Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing/Ducati Corse

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, mengaku sangat tak sabar menanti uji coba di mana Andrea Dovizoso akan menjajal motor RS-GP di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April nanti. Hal ini ia katakan kepada Crash.net di sela persiapan MotoGP Qatar, Kamis (25/3/2021).

Sesuai pengumuman Aprilia dua pekan lalu, Dovizioso akan menjalani uji coba di atas RS-GP di Jerez, meski tak ada ikatan komitmen apa pun, baik sebagai test rider maupun pembalap reguler. CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, menyatakan uji coba ini digelar hanya karena pihaknya membutuhkan kesan dari 'Dovi'.

Walau tak ada kontrak apa pun antara Aprilia dan Dovizioso, uji coba ini telah mendekati impian Espargaro. Rider Spanyol ini sejak tahun lalu memang blak-blakan meminta Dovizioso menjadi rekan setimnya, atau setidaknya menjadi test rider, sebelum Aprilia akhirnya memilih Lorenzo Savadori sebagai tandemnya musim ini.

1 dari 3 halaman

Kagumi Kinerja Dovizioso Selama di Ducati

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Saya sangat senang, karena selama beberapa tahun terakhir, kami mendapatkan kemajuan mendekati motor-motor top dan kini Aprilia mengambil langkah penting yang bakal sangat membantu masa depan kami, karena Andrea, selain sangat bertalenta dan cepat, juga bisa jadi test rider yang sangat baik," tutur Espargaro.

Kakak Pol Espargaro ini memang dikenal sebagai penggemar Dovizioso sejak lama, dan mengagumi kinerjanya selama jadi ujung tombak Ducati sepanjang 2013 dan 2020. Fakta bahwa Dovizioso merupakan tiga kali runner up MotoGP adalah bukti rider Italia ini punya kualitas yang sangat dibutuhkan Aprilia.

"Andrea pembalap yang sensitif, dan ia bekerja dengan sangat baik bersama Ducati, karena selama beberapa musim terakhir ia mampu memenangkan banyak balapan dan memperebutkan gelar dunia. Jadi, saya rasa ia bisa memberikan umpan balik yang baik soal Aprilia dan memberi bantuan besar kepada kami," ungkap Espargaro.

2 dari 3 halaman

Bisa Beri Sudut Pandang Baru

Pembalap berusia 31 tahun ini juga mengaku sudah tak sabar melihat reaksi Dovizioso usai menjajal RS-GP untuk pertama kali di Jerez nanti. Menurutnya, umpan balik yang diberikan juara dunia GP125 2004 tersebut akan sangat krusial bagi pengembangan motor Aprilia pada masa depan.

"Saya tak sabar menantinya mencoba motor kami di Jerez dan melihat reaksinya. Saya ingin lihat apakah ia menyukai motor kami, dan apakah ia bisa melihat kelemahannya, karena saya sudah mengendarai motor ini selama enam tahun sementara ia masih baru. Saya yakin ia akan memberi sudut pandang baru," tutupnya.

Dovizioso sendiri mengaku tak menutup kemungkinan kembali balapan bersama Aprilia, entah musim ini atau musim depan. Namun, untuk saat ini, rider 35 tahun tersebut lebih memilih fokus balapan di ajang motocross nasional Italia, sementara Espargaro akan memulai musim baru MotoGP di Qatar pada 26-28 Maret.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR