BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aleix Espargaro: Saya Tak Butuh Tandem Tangguh untuk Cari Motivasi

06-04-2021 13:21 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, kerap blak-blakan mengaku bakal sangat senang jika suatu hari nanti bisa bertandem dengan Andrea Dovizioso di MotoGP. Namun, ia menyatakan bahwa tanpa Dovizioso pun, ia tak pernah punya masalah dalam mencari motivasi. Hal ini ia katakan via Crash.net, Senin (5/4/2021).

Espargaro memang belum pernah merebut gelar dunia dan hanya pernah meraih dua podium di sepanjang kariernya. Namun, rider Spanyol ini dikenal sebagai pekerja keras dan menjadi incaran banyak pabrikan untuk mengembangkan motor. Sebelum pindah ke Aprilia pada 2017, ia juga jadi ujung tombak pengembangan Suzuki.

Kegigihan Espargaro juga menjadikannya pembalap yang paling lama membela Aprilia di MotoGP, ketika para tandemnya rontok dan membuatnya harus ganti tandem setiap tahun. Dovizioso diyakini Espargaro akan sangat membantu pengembangan RS-GP, namun takkan memengaruhi mentalitasnya.

"Saya adalah pembalap yang selalu punya motivasi tinggi, jadi saya tak butuh siapa pun sebagai tandem saya hanya untuk membuat saya termotivasi. Saya rasa yang saya katakan kepada para insinyur sudah cukup untuk meningkatkan performa motor kami," ujar Espargaro yang finis ke-10 dalam Seri Doha akhir pekan lalu.

1 dari 3 halaman

Komentar Sendiri Sudah Cukup Bikin Aprilia Maju

Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing/Ducati Corse Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing/Ducati Corse

Musim ini, Aprilia juga jelas-jelas mengalami lonjakan performa yang signifikan, mengingat Espargaro kerap bertarung di depan meski selalu terkendala top speed. Pembalap berusia 31 tahun ini pun yakin semua ini berkat masukan dan kerja samanya yang solid dengan para insinyur di markas Aprilia yang ada di Noale, Italia.

"Sebenarnya, dengan komentar-komentar saya dari tahun lalu, saya rasa para insinyur dan semua orang yang ada di Noale telah bekerja sangat baik untuk motor baru kami. Mereka tahu apa yang kurang, namun kami ingin naik podium, bukan sekadar masuk 10 besar," ungkap kakak dari rider Repsol Honda, Pol Espargaro, ini.

"Mereka tahu benar soal ini dan mereka bekerja sangat keras di Noale, dan kami berharap mendapatkan perangkat-perangkat baru lainnya sekitar balapan di Mugello (Juni). Jadi, saya tak merasa bahwa tandem yang kuat akan mengubah apa pun dari sisi saya," lanjut Espargaro.

2 dari 3 halaman

Tak Sabar Nantikan Uji Coba Andrea Dovizioso

Kini, Espargaro pun menanti uji coba tertutup yang akan digelar Aprilia dan Dovizioso di Jerez, Spanyol, pada 12-14 April nanti, yakni hanya beberapa hari sebelum Espargaro bertolak ke Portugal untuk menjalani seri ketiga di Sirkuit Portimao, 16-18 April. Ia pun mengaku sangat penasaran atas umpan balik Dovizioso soal RS-GP.

"Saya tak sabar menantinya mencoba motor kami di Jerez dan melihat reaksinya. Saya ingin lihat apakah ia menyukai motor kami, dan apakah ia bisa melihat kelemahannya, karena saya sudah mengendarai motor ini selama enam tahun sementara ia masih baru. Saya yakin ia akan memberi sudut pandang baru," ujarnya.

Meski tak terikat kontrak apa pun dengan Aprilia, Dovizioso sendiri mengaku tak menutup kemungkinan kembali balapan bersama tim tersebut, entah musim ini atau musim depan. Namun, untuk saat ini, rider 35 tahun ini lebih memilih fokus balapan di ajang motocross nasional Italia.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Serunya Balapan MotoGP Doha 2021, Fabio Quartararo Jadi Pemenang

KOMENTAR