Aleix Espargaro: Pindah ke Yamaha? Tergantung Keputusan Fabio Quartararo

Anindhya Danartikanya | 27 April 2022, 11:02
Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro (c) Yamaha MotoGP
Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Aleix Espargaro tak memungkiri dirinya ingin melanjutkan kerja sama dengan Aprilia Racing di MotoGP 2023 dan 2024 sebelum pensiun. Namun, sampai saat ini pabrikan asal Noale, Italia, itu belum juga memberikan kepastian padanya. Di sela Seri Portugal, 22-24 April 2022, ia bahkan mendadak digosipkan pindah ke Yamaha.


Espargaro sudah membela Aprilia sejak 2017 dan menjadi ujung tombak pengembangan RS-GP. Tahun lalu, ia secara menggemparkan sukses meraih podium di Silverstone, Inggris, dan bahkan dengan dominan meraih kemenangan di MotoGP Argentina pada awal April lalu. Dalam Seri Portugal, ia naik podium lagi usai finis ketiga.

Usai menang di Argentina, Espargaro sudah menanyakan soal kansnya bertahan kepada Aprilia lewat sang manajer, Albert Valera. Meski tak menjelaskan secara detail, Espargaro menyebut pertemuan Valera dan manajemen Aprilia berujung hasil diskusi yang 'mengecewakan'. Hingga kini, kesepakatan juga belum dicapai.

1 dari 2 halaman

Tak Bisa Diam Selama Aprilia Bungkam

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Saat ini, belum ada apa-apa. Saya sama sekali tidak bohong ketika berkata bahwa saya ingin bertahan di tempat saya berada sekarang. Namun, untuk saat ini masih belum ada kabar. Saya harus tampil lebih baik lagi," ungkap pembalap berusia 32 tahun ini kepada Corsedimoto pada Sabtu (23/4/2022).

Di lain sisi, pembalap Spanyol ini juga mengaku telah melakukan pembicaraan dengan pabrikan lain, karena getol masih ingin balapan di MotoGP sampai akhir 2024. Menurutnya, selama Aprilia masih bungkam, ia dan Valera tak bisa bertopang dagu sekadar menanti kesempatan lain untuk datang kepada mereka.

"Sudah jelas kami tak bisa berdiam diri, dan kami harus bicara dengan pabrikan lain meski saya ingin bertahan di Aprilia. Saya ingin menjalani dua musim lagi di MotoGP. Itu sudah jelas, dan saya ingin mengakhiri karier di Aprilia. Namun, mengingat saya belum dapat kabar dari mereka, saya harus bergerak," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Bukan Orang Asing bagi Yamaha

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Uniknya, Espargaro juga mendadak dikabarkan mendekati Yamaha, yang kini sedang cemas karena Fabio Quartararo belum mau memperpanjang kontrak dengan Monster Energy Yamaha. Untuk berjaga-jaga kerja sama ini tak berlanjut, Yamaha sendiri tengah mempersiapkan Toprak Razgatlioglu yang kini turun di WorldSBK.

Alhasil, tempat di WithU Yamaha RNF juga terbuka lebar, karena Andrea Dovizioso dan Darryn Binder hanya punya kontrak setahun. Espargaro pun menanggapi gosip ini. "Orang pertama yang harus mengambil langkah adalah Fabio. Ketika potongan puzzle selanjutnya bergerak, maka semua juga bergerak," pungkasnya sembari tersenyum.

Espargaro sendiri bukan orang asing bagi Yamaha. Pada 2014, ia pernah membela tim Open mereka, yakni Forward Yamaha. Kala itu, ia konsisten mengancam perebutan podium, dan bahkan sukses meraih trofi dengan menempati posisi kedua di Aragon, Spanyol, usai bertarung sengit dengan Cal Crutchlow sampai garis finis.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR