BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aleix Espargaro Lancar Jalani Operasi Arm Pump, Fokus Tatap MotoGP Mugello

18-05-2021 08:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, telah lancar menjalani operasi arm pump pada lengan kanannya di Barcelona, Spanyol, Senin (17/5/2021). Ia pun menjadi pembalap MotoGP keempat yang menjalani operasi serupa dalam dua bulan terakhir, demikian yang diumumkan MotoGP.com.

Arm pump atau sindrom kompartemen merupakan cedera yang cukup lumrah terjadi pada lengan kanan pembalap road race. Namun, kali ini cedera tersebut dinilai makin mencemaskan karena makin banyak pula yang menderitanya selama beberapa tahun terakhir.

Awal musim ini, Jack Miller, Iker Lecuona, dan Fabio Quartararo juga telah menjalani operasi. Bahkan, Quartararo sudah pernah menjalani operasi ini pada pertengahan 2019, dan kambuhnya cedera ini dalam kurun dua tahun cukup mengherankan.

1 dari 3 halaman

Langsung Operasi Sepulang dari Le Mans

Espargaro sendiri ketahuan mengalami cedera arm pump di MotoGP Jerez, Spanyol, yakni balapan yang sama ketika Quartararo menyadari cederanya kambuh. Namun, tak seperti El Diablo yang langsung menjalani operasi, Espargaro harus menunggu usai MotoGP Le Mans, Prancis.

Operasi pada lengan Espargaro digelar di Rumah Sakit Universitas Dexeus di Barcelona pada pukul 08.00 pagi, Senin (17/5/2021), dan dipimpin oleh dr. Xavier Mir. Rider 31 tahun ini pun berharap bisa bugar 100% saat menjalani seri kandang Aprilia, yakni di Mugello, Italia, pada 28-30 Mei.

Selain ingin pulih dari cedera ini, Espargaro juga ingin bangkit dari keterpurukan yang terjadi di Le Mans pada Minggu (16/5/2021). Rider Spanyol ini start dari posisi 13, namun sempat merangsek ke posisi ketujuh pada lap pembuka balapan dimulai dengan kondisi kering tersebut.

2 dari 3 halaman

Berharap Masalah Aprilia Hanya 'Sesaat'

Pada Lap 4, hujan pun mengguyur dan semua pembalap mengganti motornya pada akhir Lap 5. Espargaro keluar pitlane dengan menduduki posisi kesembilan, namun dalam empat lap saja, ia mampu kembali naik ke posisi keenam. Sayang, pada Lap 16, motor RS-GP miliknya mengalami masalah teknis dan ia harus gagal finis.

Uniknya, masalah serupa dialami oleh sang tandem, Lorenzo Savadori, pada Lap 12. "Kami melewatkan kans besar, di mana kami harusnya mampu meraih poin penting melawan para rival kami," ungkap Espargaro lewat rilis resmi tim usai balap.

"Posisi 5-6 besar ada dalam jangkauan saya, sebagian karena usai pergantian motor, saya merasa sangat cepat dan mampu mengendalikan balapan. Saya harap ini hanya masalah sesaat, karena level performa yang kami tunjukkan jelas menjanjikan, bahkan dalam pekan balap yang rumit seperti ini," pungkasnya.

Sumber: MotoGP, Aprilia Racing

3 dari 3 halaman

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap

KOMENTAR