BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aleix Espargaro: Jorge Lorenzo Meragukan, Lebih Baik Aprilia Gaet Andrea Dovizioso

06-11-2020 14:50 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, meragukan niatan timnya sendiri dalam mendekati Jorge Lorenzo sebagai test rider di MotoGP 2021. Espargaro ragu usai melihat performa Lorenzo yang jeblok di uji coba Portimao, Portugal, awal Oktober, saat tertinggal 3 detik dari test rider Ducati, Michele Pirro.

Lorenzo yang saat ini menjabat sebagai test rider Yamaha, memang tak banyak diberi tugas uji coba tahun ini. Ia hanya turun dalam uji coba Malaysia dan Portugal, dan bahkan tak diturunkan dalam uji coba yang lebih krusial seperti uji coba Misano pada Juni, ketika para test rider pabrikan lain beraksi.

Usai delapan bulan tak berkendara sejak uji coba Malaysia, Lorenzo pun tak cukup cepat di Portimao. Lima kali juara dunia ini berdalih ini terjadi karena fisiknya tak terlalu bugar usai Yamaha berkata padanya bahwa ia takkan uji coba lagi sampai akhir musim, dan ia sekadar mengendarai motor YZR-M1 versi 2019.

1 dari 3 halaman

Jorge Lorenzo Rider yang Cepat, Tapi...

Jorge Lorenzo (c) Yamaha Jorge Lorenzo (c) Yamaha

Espargaro sendiri sangat meyakini bahwa Lorenzo merupakan salah satu rider MotoGP terbaik sepanjang masa, namun performanya di Portimao tak bisa dimungkiri membuatnya tak yakin bahwa rider berusia 33 tahun itu merupakan pembalap yang tepat untuk mengembangkan RS-GP yang masih tertinggal dari motor lain.

"Level yang ditunjukkan Jorge di Portimao tak cukup kuat untuk membantu saya atau mengembangkan motor. Tapi Anda takkan pernah tahu. Jika Jorge benar-benar ingin melaju cepat dan kompetitif, ia memang bisa jadi rider yang sangat cepat. Tapi saat ini, saya rasa situasinya tidak mudah baginya," ujarnya via Crash.net, Kamis (5/11/2020).

2 dari 3 halaman

Andrea Dovizioso Harus Jadi Prioritas

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Espargaro pun secara blak-blakan menyebut Andrea Dovizioso, yang juga eks tandem Lorenzo di Ducati Team, merupakan opsi yang lebih baik bagi Aprilia. Uniknya lagi, saat ini Dovizioso tengah jadi incaran Yamaha juga untuk dijadikan pengganti Lorenzo.

Kakak Pol Espargaro ini bahkan bakal senang hati jika Dovizioso dijadikan tandem barunya. "Jelas Dovi opsi terbaik, entah jadi tandem atau test rider. Ia sangat cepat, sangat rileks, rider yang baik dengan banyak info dari Ducati. Dovi harus jadi prioritas," tuturnya.

"Dengan Jorge, levelnya jauh lebih meragukan. Jelas ia salah satu rider terbaik dalam kurun 20 tahun terakhir, tapi entah apa komitmen, hasrat, dan fisiknya siap. Saya tak yakin. Hanya dia yang tahu," pungkas Espargaro, yang juga tengah menanti hasil sidang kasus doping Andrea Iannone yang akan keluar pada pertengahan bulan ini.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Jatuhkan Diri dalam Kecepatan Tinggi di MotoGP Styria

KOMENTAR