BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aleix Espargaro Batalkan Niat Pensiun Dini, Tekad Balapan di MotoGP 2023-2024

11-07-2021 17:07 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, mengaku membatalkan niatan pensiun dini dan bertekad untuk tetap balapan di MotoGP pada 2023 dan 2024. Hal ini ia sampaikan kepada DAZN seperti yang dikutip MotosanES, Rabu (7/7/2021), setelah melihat performa RS-GP yang kompetitif pada paruh pertama musim ini.

Espargaro, yang akan berusia 32 tahun pada akhir Juli, sempat blak-blakan ingin pensiun pada akhir 2020, dan pernyataan ini ia katakan pada akhir 2019, saat frustrasi melihat Aprilia nihil kemajuan. Namun, usai diyakinkan CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, Espargaro tanda tangan kontrak baru untuk 2021-2022 pada tengah 2020.

Sepanjang 2020, ternyata Aprilia juga masih loyo. Alhasil, Espargaro kehilangan motivasi dan kerap menyebut bahwa kontrak yang baru ia tanda tangani kala itu akan jadi kontrak terakhirnya di MotoGP, dan bahkan ia mengaku tak tertarik pindah ke WorldSBK. Nyatanya, tahun ini motor RS-GP malah mengalami lonjakan performa.

1 dari 3 halaman

Aprilia Makin Dekati Pemenang

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Aprilia memang belum juga naik podium sejak kembali ke MotoGP pada 2015, namun RS-GP versi teranyar terbukti jauh lebih kompetitif dari versi-versi pendahulunya. Espargaro bahkan konsisten bertarung di lima besar. Hal ini membuat Espargaro kembali terlecut dan merasa kehidupannya kembali semringah.

"Secara umum, saya tengah dalam momen terbaik hidup saya, baik di aspek keluarga maupun olahraga. Saya sangat bahagia. Tahun lalu, saya finis ke-14 dan menyebutnya usaha terbaik saya, padahal saya tertinggal 20 detik. Tahun ini, motor kami telah berevolusi lebih jauh dan saya jauh lebih dekat dengan pemenang," tuturnya.

Espargaro menyatakan, pengalamannya yang segudang di MotoGP telah terkombinasi baik dengan usaha para insinyur Aprilia. "Saya punya banyak pengalaman dengan Open Yamaha dan Suzuki. Tahun ini dengan perubahan di Aprilia, banyak insinyur berdatangan dan kami punya motor yang mendekati para pabrikan Jepang," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Sudah Diskusi dengan Keluarga

Melihat tren performa RS-GP yang positif ini pun bikin Espargaro ingin lebih jauh mengamati perkembangannya pada 2023 dan 2024 nanti. Saat ini, hanya dua rider yang punya kontrak untuk kedua musim tersebut, yakni Marc Marquez dan Brad Binder. Espargaro pun bertekad menyusul mereka untuk teken kontrak baru dengan Aprilia.

"Saya sedang mempertimbangkan tetap balapan pada 2023-2024. Saya telah memenuhi impian saya dengan membentuk keluarga, yang bisa menyenangkan saya ketika saya pulang usai hasil yang buruk tahun lalu. Saya banyak merenung dengan istri saya, dan saya menginginkan hal yang bikin saya bahagia," ungkapnya.

"Bersama Massimo di tengah karantina (pada 2020), saya banyak diskusi, dan ini sedikit memotivasi saya. Saat saya menjajal motor baru, saya pun membuktikan bahwa apa yang ia katakan kepada saya adalah benar. Kita lihat saja apa yang akan dikatakan masa depan. Tapi mungkin saya bakal lanjut dua tahun," pungkas Espargaro.

Sumber: DAZN, MotosanES

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR