BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aleix Espargaro: Aprilia Layak Dapat Pembalap Sekaliber Maverick Vinales

28-06-2021 13:03 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, terkejut mendengar kabar Maverick Vinales ingin hengkang dari Monster Energy Yamaha MotoGP setahun lebih awal dari kontraknya. Di lain sisi, ia mengaku akan menyambut hangat kedatangan sahabatnya itu ke naungan pabrikan asal Noale, Italia, tersebut.

Hal ini dinyatakan Espargaro kepada MotoGP.com, usai finis kedelapan di Assen, Belanda, Minggu (27/6/2021), sekaligus usai paddock MotoGP digemparkan gosip bahwa Vinales ingin meninggalkan Yamaha demi menuju Aprilia, meski tampil sangat dominan di Assen dan bahkan finis kedua dalam balapan, kembali naik podium.

Vinales yang membela Yamaha sejak 2017, diisukan kesal atas performanya yang angin-anginan tanpa solusi di atas YZR-M1. Frustrasinya memuncak usai finis ke-19 alias terbuncit di Sachsenring, Jerman. Kabar keinginannya hengkang dari Yamaha pun mencuat ke publik pada Sabtu (26/6/2021) malam, usai ia merebut pole.

1 dari 3 halaman

Kabar yang Bagaikan 'Bom'

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

"Bagi saya, kabar ini bagai bom. Tapi saya rasa kami harus menghormati Maverick, Yamaha, dan Aprilia, jadi saya tak punya apa pun untuk dikatakan. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah saya sangat menghormati Maverick. Ia punya talenta hebat, yang sayangnya tak terlihat tahun ini," ujar Espargaro yang juga membela Aprilia sejak 2017.

Sebagai rival sekaligus sahabat Vinales, Espargaro pun mengaku hanya bisa mengharapkan yang terbaik. Jika Vinales merasa keputusan hengkang ke Aprilia memang jalan yang positif, maka ia sangat mendukung dan akan senang hati menyambutnya dengan hangat.

"Saya tak yakin Maverick bersenang-senang tahun ini. Jika akhirnya ia dapat kesempatan besar dalam hidupnya seperti ini (pindah ke Aprilia), hal yang bisa saya katakan adalah, jika ia merasa ini keputusan yang tepat, jika ia merasa akan lebih bahagia, maka lakukan saja dan ambil kesempatan itu," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Layak Dapat Rider Sekaliber Maverick Vinales

Maverick Vinales dan Aleix Espargaro membela Suzuki di MotoGP 2015. (c) AFP
Maverick Vinales dan Aleix Espargaro membela Suzuki di MotoGP 2015. (c) AFP

Espargaro sendiri diketahui berganti-ganti tandem setiap musim sejak 2017, dari Sam Lowes, Scott Redding, Andrea Iannone, Bradley Smith, sampai Lorenzo Savadori. Ia belakangan mendorong Aprilia untuk menggaet sang test rider, Andrea Dovizioso, namun juga tak masalah jika Vinales yang digaet.

Usai perjuangan keras sejak 2015 untuk tampil kompetitif, Aprilia dirasa Espargaro memang layak mendapatkan pembalap top sekaliber Vinales, yang merupakan juara dunia Moto3 2013, serta meraih 14 pole, 28 podium, dan 9 kemenangan selama berkarir di MotoGP, baik bersama Suzuki maupun Yamaha.

"Kami akan menyambutnya dengan tangan terbuka. Saya tahu betapa cepatnya Maverick. Saya juga tahu betapa kerasnya Aprilia bekerja, jadi mereka juga layak punya rider top seperti Maverick, dan Maverick juga layak bahagia. Jadi, mengapa tidak?" tutup Espargaro, yang pernah bertandem dengan Vinales di Suzuki pada 2015 dan 2016.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021

KOMENTAR