BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aleix Espargaro: Aprilia Beri Kontrak Terbaik dalam Hidup Saya

08-07-2020 11:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Bola.net - Aleix Espargaro angkat topi pada Aprilia Racing Team Gresini, yang berusaha keras mempertahankannya di MotoGP 2021 dan 2022 dengan memberikan kontrak yang sangat baik, meski dunia tengah dilanda krisis ekonomi akibat pandemi virus corona. Hal ini ia sampaikan via The Race, Selasa (7/7/2020).

Tak hanya memberi nilai gaji yang baik, Aprilia disebut berjanji memberikan dukungan teknis terbaik. Pabrikan asal Noale, Italia, itu menyatakan akan berkomitmen dan berinvestasi lebih tinggi untuk proyek mereka di MotoGP, termasuk menambah jumlah insinyur dan menurunkan tim satelit dalam waktu dekat.

"Ini kontrak terbaik yang pernah saya dapat dalam hidup saya dan saya tak mengiranya. Proyek kami sangat ambisius, bakal berkembang pesat dua musim ke depan, dan tim pabrikan bakal lebih kompetitif dengan lebih banyak insinyur, dan kami bakal punya tim junior," ujar Espargaro.

1 dari 3 halaman

Benar-Benar Baru dari Versi Pendahulunya

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Bahkan ketika dunia sedang mengalami situasi tak baik, Aprilia melakukan usaha besar demi mempertahankan saya, jadi sangat mudah untuk meyakinkan saya bertahan," tambah rider asal Spanyol berusia 31 tahun ini.

Komitmen Aprilia ini bahkan sudah terlihat mulai awal tahun ini. Dalam uji coba pramusim di Malaysia dan Qatar pada Februari, mereka menyediakan motor RS-GP terbaru, yang mendapatkan pujian tinggi dari Espargaro, dan mendadak diawasi oleh para rivalnya.

"Motor kami tak sekadar lebih baik dari pendahulunya, melainkan juga sangat berbeda. Mereka benar-benar mulai dari nol, mereka mengambil selembar kertas putih dan mulai menggambar. Satu-satunya yang sama adalah warnanya, motor dengan tricolore (bendera Italia)," kisahnya.

2 dari 3 halaman

Motor Baru Lebih Stabil

Espargaro pun menilai Aprilia telah mampu membuktikan bahwa perubahan konsep mesin dari V4 75° ke V4 90° memang menjanjikan dan membuatnya jadi lebih kompetitif. Hal inilah yang membuat kakak Pol Espargaro tersebut langsung yakin bertahan, mengingat pada akhir 2019 ia bertekad hengkang.

"Motor ini lebih stabil dengan karakter mesin yang sangat berbeda. Secara umum, tenaganya lebih halus dan lebih mudah dikendarai, tak terlalu menuntut fisik rider. Kami masih kekurangan tenaga, tapi para insinyur kami bilang bahwa rencananya memang mulai dengan cara seperti ini, dan kemudian pada tengah musim mengubahnya," tutupnya.

Espargaro pun akan kembali mengendarai RS-GP di lintasan pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang, yang didahului dengan sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR