BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aleix Espargaro: Andrea Dovizioso Balapan Bareng Aprilia? Jangan Terlalu Dipaksa

27-03-2021 15:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, sejak tahun lalu memang sangat blak-blakan sangat ingin Andrea Dovizioso menjadi tandemnya di MotoGP. Alhasil, ketika mendengar mantan pembalap utama Ducati itu akan menjalani uji coba di atas RS-GP di Jerez, Spanyol, pada 12-14 April nanti, Espargaro senang bukan kepalang.

Meski begitu, lewat Crash.net, Jumat (26/3/2021), Espargaro mengaku belum tahu kelanjutan kerja sama macam apa yang akan dijalin Dovizioso dan Aprilia nanti, mengingat tak ada ikatan kontrak atau komitmen khusus apa pun selain uji coba di Jerez, meski gosipnya akan ada uji coba lanjutan di Portimao, Portugal, pada Mei nanti.

"Saya sudah ngobrol dengannya, dan kemarin saya kirim pesan padanya, bergurau bahwa usai melawan bersama Honda sepanjang kariernya (di GP125 dan GP250) dan hanya bisa membuntuti Aprilia 2-tak di trek lurus, kini ia akhirnya punya motor Aprilia. Jadi, ia bisa berbahagia!" ungkap pembalap asal Spanyol ini.

1 dari 3 halaman

Biarkan Andrea Dovizioso Menikmati RS-GP Lebih Dulu

Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing/Ducati Corse Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing/Ducati Corse

Dovizioso sendiri sudah didekati Aprilia untuk bergabung tahun lalu, tepat usai ia mengumumkan keputusan pergi dari Ducati. Rider Italia itu sempat menolak, baik sebagai pembalap reguler maupun test rider. Tapi situasi terkininya justru berbalik. 'Dovi' bahkan diisukan akan menggantikan Lorenzo Savadori pada pertengahan musim ini.

Espargaro ogah berspekulasi lebih jauh. Ia yakin Dovizioso tak seharusnya ditekan dengan gosip semacam ini, apalagi sebelum mengendarai RS-GP. "Soal masa depan, kami harus melakukannya secara bertahap. Bagi Aprilia, rasanya sulit dipercaya menggaet rider seperti Dovi untuk menjajal motor kami. Jadi, mari kita beri dia ruang," ujarnya.

"Saya memang sangat penasaran lihat reaksinya, karena ia sudah lama mengendarai Ducati. Ducati dan Aprilia sangat berbeda dalam banyak aspek, mesin, sasis, elektronik. Jadi, beri dia waktu menjajal motor kami, menikmati rasanya berkendara usai berbulan-bulan lamanya, lalu barulah ia bisa ambil keputusan," lanjut rider 31 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Andrea Dovizioso Bisa Jadi Hanya Mau Jadi Test Rider

Espargaro juga sadar betul Dovizioso masih diincar oleh banyak tim, terutama untuk dijadikan test rider. Meski yakin Aprilia harus waspada pada gerak-gerik para rival, Espargaro menyebut Dovizioso tak perlu dipaksa-paksa untuk menerima tawaran kembali jadi pembalap reguler, apalagi kini ia sudah sangat fokus pada ajang motocross.

"Sudah jelas tim mana pun di paddock menginginkan Dovi sebagai pembalap reguler, namun mari kita tunggu saja, kita harus lihat apakah ia menyukai motor kami. Saya sendiri tak tahu apa-apa, karena ia tampaknya ia sangat menikmati berkendara dengan motocross. Jadi, bisa saja ia hanya ingin jadi test rider," tuturnya.

"Lihat saja Cal (Crutchlow), saya sempat ngobrol panjang dengannya usai uji coba pramusim, dan ia bilang ia sangat suka kehidupan barunya, karena bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarganya dan menikmati peran sebagai test rider Yamaha. Jadi, kami akan melakukannya secara bertahap," pungkas kakak Pol Espargaro ini.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR