Aleix Espargaro Alot Negosiasi Kontrak dengan Aprilia, Padahal Tak Banyak Minta

Anindhya Danartikanya | 18 Mei 2022, 16:20
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Bola.net - Manajer pribadi Aleix Espargaro, Albert Valera, mengaku kecewa karena negosiasi soal kontrak baru dengan Aprilia Racing untuk MotoGP 2023 dan 2024 berjalan sangat alot. Hal ini dinyatakan eks manajer pribadi Jorge Lorenzo tersebut kepada The Race di Le Mans, Minggu (15/5/2022), di mana Espargaro finis ketiga.


Membela Aprilia sejak 2017, Espargaro menjadi ujung tombak pengembangan RS-GP. Ia meraih kemenangan perdana Aprilia di Argentina pada April lalu, serta meraih empat podium dalam tujuh seri pertama musim ini. Ia bahkan sedang berada di peringkat kedua pada klasemen pembalap, hanya tertinggal 4 poin dari Fabio Quartararo.

Melihat kiprah Espargaro yang apik ini, Valera pun jengkel karena perpanjangan kontrak belum ditandatangani. "Jelas kami pikir negosiasinya bakal lebih mudah berdasarkan semua hal yang dipersembahkan Aleix kepada perusahaan. Kami pun agak kaget dan kecewa karena sejauh ini kami belum mencapai kesepakatan," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Aprilia Juluki Aleix Espargaro 'Kapten'

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Espargaro tak meminta kenaikan gaji yang sangat masif karena memahami batasan biaya balap yang dimiliki Aprilia. Namun, ia meminta kenaikan gaji yang layak, sesuai peningkatan performanya musim ini. "Kami tidak meminta kenaikan gaji yang tinggi, melainkan hanya sesuatu yang bisa bikin Aleix lebih dihargai," kisah Valera.

"Mereka memanggilnya 'kapten', jadi mereka harus membuktikan di atas kertas bahwa ia memang kapten mereka. Itu saja. Kami sendiri sadar akan 'pasar' pembalap dan batasan biaya Aprilia. Namun, kami hanya meminta sesuatu yang masuk akal bagi kedua pihak," lanjut pria yang juga manajer Jorge Martin dan Pedro Acosta ini.

Valera bahkan menyatakan bahwa pihak-pihak yang tahu betul besaran angka kenaikan gaji yang diminta Espargaro justru menyebutnya terlalu rendah jika dibandingkan hasilnya musim ini. Atas alasan inilah Valera semakin tak habis pikir mengapa Aprilia sangat keberatan memenuhi permintaan Espargaro pada kontrak barunya.

2 dari 2 halaman

Yakin Permintaannya Sudah Adil

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Saya yakin permintaan kami sangat adil. Apa yang diminta Aleix bukanlah sesuatu yang gila seperti yang dipercaya orang-orang. Orang-orang yang tahu soal ini sudah jelas berkata, 'sialan, kau minta sesuatu yang rendah berdasarkan apa yang dilakukan Aleix saat ini'. Nyatanya kami masih sulit mencapai kesepakatan," tutur Valera.

Pernah memanajeri Lorenzo yang merupakan lima kali juara dunia, Valera pun jadi meyakini bahwa sebuah tim atau pabrikan tak seharusnya bersikap dingin dalam negosiasi kontrak. "Saya harap Aprilia menyadari bahwa setidaknya setahun tanpa Aleix bakal bikin mereka kesulitan," ungkapnya.

"Jadi, memang layak untuk membuatnya tetap senang dan tetap bekerja. Jika Anda memang benar-benar tim yang baik, tim yang sangat peduli pada rider Anda, maka Anda tak seharusnya ambil untung dari situasi. Itulah yang dilakukan tim yang sesungguhnya, pemimpin di kejuaraan dunia," tutup Valera.

Sumber: The Race

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR