BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aleix Espargaro Ajak Cal Crutchlow-Danilo Petrucci Gabung Aprilia

25-06-2020 12:22 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pebalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, mengaku cemas Andrea Iannone tak bisa kembali akibat kasus dugaan pemakaian doping. Atas alasan ini, ia pun menginginkan tandem yang tak kalah kuat dengan Iannone di MotoGP 2021. Rider yang ia inginkan adalah salah satu dari Danilo Petrucci dan Cal Crutchlow.

Iannone tengah bergelut dengan Agen Anti-Doping Dunia (WADA), usai dijatuhi larangan berkompetisi selama 18 bulan oleh Pengadilan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) akibat sampel urinnya yang diambil di Malaysia 2019, terbukti mengandung steroid drostanolone.

Iannone dan WADA sama-sama melanjutkan kasus ini ke CAS, di mana Iannone meminta hukumannya ditangguhkan, sementara WADA justru menuntut hukumannya diperpanjang menjadi empat tahun. Hingga kini, belum diketahui kapan CAS akan menggelar sidangnya.

Sementara absen musim ini, Iannone digantikan test rider Aprilia, Bradley Smith. Namun, jika ia benar-benar tak bisa balapan pada 2021, Aprilia harus cari penggantinya. "Jika Anda lihat tandem saya di Aprilia, sungguh aneh. Dalam empat tahun, saya akan bertandem dengan empat rider berbeda," ujar Espargaro via Speedweek, Rabu (24/6/2020).

1 dari 3 halaman

Ingin Andrea Iannone Tetap Balapan

Andrea Iannone dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Andrea Iannone dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Semua tandem saya sangat bertalenta dan pernah memenangi balapan, sementara saya belum pernah. Mungkin mereka lebih cepat dari saya, tapi mereka tak pernah menyamai level saya. Saya sangat kompetitif, tapi saya butuh tandem yang memotivasi saya dan membantu saya mengembangkan motor ini," lanjut Espargaro.

Rider Spanyol ini pun menyatakan Iannone adalah tandem ideal untuknya karena ia dikenal sangat cepat dan mampu mendorong motivasinya. Tapi situasi di CAS tentu sama sekali tak mendukung. "Ini berat bagi Aprilia. Apalagi semua rider bagus sudah punya kontrak. Juga sangat sulit menggaet rider dari Moto2," ungkap Espargaro.

Meski rider muda akan membawa angin segar, Espargaro yakin pengganti Iannone nantinya lebih baik merupakan rider berpengalaman di MotoGP. Ada dua opsi tersedia, yakni Cal Crutchlow yang terancam terdepak dari LCR Honda, serta juga Danilo Petrucci yang bakal terdepak dari Ducati Team dan tengah merapat ke KTM.

2 dari 3 halaman

Petrucci-Crutchlow Harus Siap Mental

Pebalap Ducati Team, Danilo Petrucci (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Danilo Petrucci (c) Ducati

"Danilo dan Cal bakal sangat baik untuk proyek ini. Danilo bisa membawa pengalamannya di Ducati dan Cal juga sudah mengendarai motor pabrikan Honda selama lima tahun. Keduanya sama-sama rider yang sangat baik," ungkap kakak kandung Pol Espargaro ini.

Di lain sisi, Espargaro juga menyatakan, jika kedua rider ini datang ke Aprilia, mereka harus siap atas segala konsekuensinya, mengingat RS-GP belum sekompetitif Ducati dan Honda walau telah menunjukkan perkembangan yang positif selama masa pramusim pada Februari lalu.

"Tentu Aprilia bukan Honda atau Ducati, jadi takkan mudah bagi mereka. Bukannya membela Aprilia akan jadi langkah mundur, tapi nyatanya motor kami memang tak langsung kompetitif. Jadi mereka harus mempersiapkan mental. Tapi mereka pebalap yang cepat, dan saya akan menyambut mereka dengan baik," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR