BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alami Kecelakaan Mengerikan, Joan Mir Siap Turun di MotoGP Austria

06-08-2019 11:38 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tetap siap menjalani balapan di Red Bull Ring, Austria akhir pekan ini, meski mengalami kecelakaan mengerikan dalam uji coba pascabalap MotoGP Ceko di Brno pada Senin (5/8/2019). Mir terjatuh di Tikungan 1 dalam kecepatan 300 km/jam saat sesi menyisakan kurang dari satu jam.

Usai menabrak dinding pembatas, rider debutan ini segera dibawa ke Medical Center untuk diperiksa. Tim dokter di sirkuit mendiagnosa adanya memar pada paru-paru, hingga Mir segera diterbangkan dengan helikopter ke Brno University Hospital untuk menjalani CT scan dan pemeriksaan lebih mendetail.

"Kecelakaan itu sungguh menakutkan, tapi tampaknya semua kurang lebih baik-baik saja. Awalnya saya merasa kesakitan dan kesulitan bernapas, tapi kemudian kondisi saya membaik, dan saya mendapatkan bantuan yang sangat baik dari tim medis di trek," ujar Mir dalam rilis resmi tim.

1 dari 2 halaman

Berharap Kembali 100% Fit

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Instagram/Joan Mir
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Instagram/Joan Mir

Beruntung, pemeriksaan medis lebih mendalam menunjukkan tak ada cedera yang lebih buruk. Pebalap berusia 21 tahun itu pun kini masih harus diobservasi dan beristirahat selama empat hari. Meski begitu, Mir percaya diri bakal cukup fit untuk tampil di Red Bull Ring.

"Saya butuh beberapa hari untuk pulih. Saya harus santai saja dan menikmati waktu. Tapi saat ini saya merasa lega bahwa semua baik-baik saja. Saya harap bisa 100% siap untuk balapan di Austria," ungkap juara dunia Moto3 2017 ini, yang mencatat waktu tercepat ketujuh dalam sesi uji coba.

2 dari 2 halaman

Sempat Jajal Paket Aerodinamika Terbaru

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, menyatakan bahwa Mir bekerja sangat baik sebelum kecelakaan itu terjadi. Rider Spanyol tersebut telah menjajal berbagai perangkat baru, termasuk paket aerodinamika teranyar, yang kemungkinan besar juga akan dipakai di Red Bull Ring.

"Joan jatuh pada akhir uji coba, yang berarti uji coba ini tak semua positif. Sebelumnya, kami bekerja dengan baik dan menjajal banyak item. Ia menjajal paket aerodinamika terbaru, dan kami dapat masukan positif darinya. Jadi kami akan memakainya di seri-seri berikutnya," tutup Brivio.

Usai gagal finis akibat bertabrakan dengan Franco Morbidelli dalam balapan MotoGP Ceko pada Minggu (4/8/2019), Mir berada di peringkat 13 pada klasemen pebalap dengan 39 poin, tertinggal 13 poin dari Morbidelli yang ada di peringkat 12.

KOMENTAR