Akui Potensi Darryn Binder, Andrea Dovizioso Siap Bantu Pelajari MotoGP

Anindhya Danartikanya | 27 Januari 2022, 12:30
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso (c) Yamaha Racing
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, merupakan salah satu rider yang tak terlalu mempermasalahkan Darryn Binder yang melompat dari Moto3 ke MotoGP. Menurutnya, Binder punya potensi baik, dan ia bersedia memberikan bantuan jika rider berusia 24 tahun itu ingin belajar lebih jauh.


Naiknya Binder ke MotoGP memang jadi kontroversi karena ia belum konsisten podium di Moto3, tak seperti Jack Miller yang naik ke kelas tertinggi pada 2015 usai jadi runner up Moto3. Selain itu, insiden tabrakannya dengan Dennis Foggia di Seri Algarve 2021 membuat gaya balapnya dinilai belum matang untuk MotoGP.

Beberapa rider seperti Aleix Espargaro, mempertanyakan langkah tak biasa Binder ini. Namun, rider lain seperti Miller justru yakin langkah Binder sudah tepat. Dovizioso juga menyebut 'Daz' berpotensi melaju cepat di MotoGP. Namun, fakta Binder melewatkan Moto2 diakui 'Dovi' membuatnya butuh banyak belajar.

1 dari 2 halaman

Akan Selalu Ada untuk Darryn Binder

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso (c) RNF Yamaha

"Saya terbuka untuk mengobrol jika Darryn ingin paham sesuatu. Saya santai soal ini, dan ia punya kecepatan yang baik. Saya rasa ia berpeluang menunjukkan kecepatannya, dan saya akan selalu ada jika ia butuh beberapa bantuan. Saya bisa membantunya, saya senang-senang saja," ujar Dovizioso via Crash.net, Rabu (26/1/2022).

Binder juga mengakui Dovizioso sebagai orang terbaik yang bisa dijadikan 'guru' di MotoGP. Menurutnya, sang kakak, Brad Binder, juga bisa diajak berdiskusi. Namun, mengingat Brad membela Red Bull KTM Factory Racing dan mengendarai motor berbeda, maka tak memungkinkan bagi mereka membicarakan Yamaha.

"Saya menantikan informasi yang sangat baik soal setup dan banyak hal lain di MotoGP. Saya rasa orang terbaik yang bisa diajak bicara jelas Andrea, karena ia ada di tim yang sama dengan saya, dan punya motor yang sama. Apalagi ia punya banyak pengalaman," ungkap pembalap asal Afrika Selatan tersebut.

2 dari 2 halaman

Dovi Pakai M1 2022, Daz Pakai M1 2021

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) RNF Racing

Musim ini, Dovizioso akan mengendarai YZR-M1 spek pabrikan teranyar, seperti milik Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Di lain sisi, Binder akan mengendarai M1 versi 2021 yang dipakai Quartararo merebut gelar dunia. Meski berbeda versi, M1 milik Dovizioso dan Binder diyakini tak punya performa jauh berbeda.

"Sudah jelas kakak saya juga akan bersedia dan saya bisa bicara dengannya. Memang menyenangkan bisa ngobrol dengan kakak saya soal MotoGP secara umum, soal mengendalikan ban, ini, dan itu. Namun, soal setup, dia punya mesin yang sangat berbeda," ungkap Binder.

"Untuk kebaikan saya sendiri, jauh lebih baik bicara dengan Andrea karena ia ada di garasi yang sama dengan saya, dan mesin kami mirip. Jadi, saya sangat menantikan momen berbagi garasi dengan seseorang yang sangat berpengalaman, dan saya harap bisa banyak belajar darinya," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR