BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Akhirnya Ngaku, Jonathan Rea: Selalu Ada Kans Pindah ke MotoGP

26-07-2021 11:02 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Bola.net - Setelah menolak berkomentar, kini enam kali juara WorldSBK, Jonathan Rea, akhirnya mengakui bahwa kesempatan pindah ke MotoGP memang selalu tersodor di hadapannya dan ia sendiri juga selalu mempertimbangkan opsi tersebut. Hal ini ia katakan lewat WorldSBK.com, Sabtu (24/7/2021), di Assen, Belanda.

Dua hari sebelumnya, yakni Kamis (22/7/2021), juga lewat situs resmi kejuaraan, rider Kawasaki Racing Team ini ditanyai soal gosip dirinya yang tengah bernegosiasi dengan tim MotoGP, Petronas Yamaha SRT. Namun, kala itu ia menolak membicarakan hal tersebut, meski banyak media massa yang sudah merilis kabar ini.

Seperti yang diketahui, Petronas SRT kini tengah pusing karena terancam ditinggalkan kedua ridernya. Franco Morbidelli kini jadi kandidat kuat pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha, sementara Valentino Rossi sudah memberi sinyal kuat akan pensiun meski belum memberikan pengumuman.

1 dari 3 halaman

Merasa dalam Puncak Performa

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Opsi Petronas SRT pun kian menipis usai dua rider muda Yamaha, Toprak Razgatlioglu dan Garrett Gerloff, baru-baru ini memilih tanda tangan kontrak baru dengan Yamaha Motor Europe untuk bertahan di WorldSBK. Rumor bahwa Rea jadi opsi lain pun muncul lewat laporan Sky Sport pada awal Juli.

Rea sendiri kini telah menginjak usia 34 tahun, namun namanya berkali-kali dikaitkan dengan MotoGP. Usai negosiasinya dengan Suzuki dan Pramac tak mencapai kesepakatan dua tahun lalu, ia kerap mengaku tak lagi ambisius mencari tim di MotoGP. Alhasil, gosip yang dirilis Sky Sport ini cukup mencengangkan.

Pada Sabtu, Rea pun didesak untuk berkomentar lebih jauh. "Kesempatan itu selalu ada dan itu selalu ada di pikiran saya. Saya merasa sedang berkendara dengan performa terbaik saya, dan saya benar-benar merasa pada puncak keseimbangan hidup. Jadi, Anda tahu, jangan pernah katakan tidak," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Punya Opini Kontroversial Soal Razgatlioglu-Gerloff

Toprak Razgatlioglu dan Garrett Gerloff (c) Yamaha Racing
Toprak Razgatlioglu dan Garrett Gerloff (c) Yamaha Racing

Di lain sisi, kontrak Rea dengan Kawasaki saat ini cukup unik. Pada tengah 2020, dalam perjalanan menuju gelar keenam, rider Irlandia Utara ini menandatangani kontrak baru 'multi-tahunan', tanpa kejelasan soal durasinya. Ketika ditanya soal ini, Rea lagi-lagi menolak berkomentar. "Saya tak bisa membicarakan kontrak saya," tukasnya.

Dalam wawancara yang sama, Rea juga menanggapi langkah Razgatlioglu dan Gerloff yang terkesan menolak tawaran pindah ke MotoGP, dan justru memutuskan bertahan di WorldSBK selagi masih muda. Rea mengaku dirinya punya opini kontroversial soal ini, tapi ogah mengungkapkannya kepada publik.

"Jujur saja, saya sangat terkejut atas keputusan mereka. Tapi saya tak mau memberikan komentar karena komentar saya dulu pernah diputar balik. Saya juga punya komentar 'kuat' soal itu secara off record," tutup rider yang pernah membela Repsol Honda dalam dua balapan MotoGP 2012 sebagai pengganti Casey Stoner yang cedera ini.

Sumber: WorldSBK

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR