BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Akhirnya Jajal M1 2020, Fabio Quartararo Masih Bingung

26-11-2019 12:05 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, dan sang tandem, Franco Morbidelli, akhirnya berkesempatan mencoba prototipe YZR-M1 2020 pada hari pertama uji coba pascamusim MotoGP Jerez, Spanyol, Senin (25/11/2019). Quartararo mengaku masih mempelajarinya.

Motor itu sebelumnya dijajal lebih dulu oleh duet Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, dalam beberapa uji coba tahun ini, termasuk uji coba pascamusim di Valencia, Spanyol, pekan lalu. Keduanya sama-sama memuji tenaga tambahan pada mesinnya.

Pada hari pertama di Jerez, Vinales dan Quartararo menduduki posisi 1-2, namun Quartararo tertinggal 0,754 detik. Menurut El Diablo, ini margin yang cukup besar, apalagi mereka sama-sama pakai mesin 2020. Meski begitu, ia yakin ini bukan masalah besar.

"Kami tahu alasannya. Mack telah pakai motor ini di Valencia dan ia rider yang cepat. Sementara itu, ini pertama kali kami menjajalnya, dan jelas tak mudah melaju cepat saat Anda pakai perangkat baru. Jadi kami hanya coba memahaminya," ujar Quartararo via Crash.net.

1 dari 2 halaman

Ritme Balap Tetap Baik

Quartararo juga tak dapat kesempatan untuk sungguh-sungguh ngotot selama dua lap. Ia sempat terhalang bendera merah akibat insiden rider lain di trek, begitu juga hujan. "Ketiga kalinya, saya ke trek dan mencatat waktu, tapi setiap kali keluar-masuk pit, ban jadi drop," tuturnya.

"Meski begitu, kami menjalani ritme yang sangat baik dengan ban lama. Saya rasa saya melakukan 30 lap dengan ban itu, dan hanya tertinggal 0,1-0,2 detik dari catatan waktu terbaik saya sendiri. Saya rasa ini sangat positif," ungkapnya.

Di lain sisi, Quartararo mengaku hanya fokus menjajal mesin M1 2020, karena ia dan Morbidelli tak mendapatkan airbox dan sasis baru yang telah dijajal Vinales dan Rossi di uji coba Valencia.

2 dari 2 halaman

Harus Ubah Setup Karena Belum 'Smooth'

"Kami menghabiskan lebih banyak waktu dengan mesin baru. Sulit memahaminya, karena kami menjalani musim dengan motor yang sama, dan saat tiba-tiba dapat mesin baru, Anda harus mengubah banyak hal seperti elektronik, dan itulah rencana utama kami hari ini," kisahnya.

"Besok akan sama, coba mendapatkan rasa nyaman yang lebih baik, dan jelas yang terpenting adalah punya setup dasar. Saya belum sepenuhnya nyaman seperti di atas motor lama. Ritme saya baik, tapi tidak sehalus sebelumnya," tutup rider berusia 20 tahun ini.

Quartararo akan kembali turun lintasan bersama para rider MotoGP lainnya pada hari kedua uji coba di Jerez pada Selasa (26/11/2019).

KOMENTAR

Timnas Indonesia U-22 Hajar Thailand 2-0 di SEA Games 2019