BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Akhirnya Jajal Aprilia, Andrea Dovizioso Sebut RS-GP Mudah Dikendarai

13-04-2021 08:50 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP

Bola.net - Akhirnya hari yang dinanti-nantikan Andrea Dovizioso datang juga. Tiga kali runner up MotoGP itu akhirnya menjalani hari pertama uji coba tertutup bersama Aprilia Racing di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Senin (12/4/2021). Tak ada catatan waktu yang resmi dirilis, namun Sky Sport mengabarkan bahwa Dovizioso melaju cukup cepat.

Seperti diketahui, pengumuman soal uji coba Dovizioso dan Aprilia ini memang mengejutkan paddock MotoGP pada pertengahan Maret lalu, mengingat rider Italia itu sempat menolak tawaran dari Aprilia pada September 2020, baik sebagai pembalap reguler maupun test rider.

Namun, tampaknya Dovizioso memilih membuka pikiran usai melihat Aleix Espargaro tampil baik dalam uji coba pramusim di Qatar. Meski bagitu, baik Dovizioso maupun Aprilia sama-sama menegaskan bahwa uji coba di Jerez ini digelar tanpa ikatan kontrak apa pun dan murni digelar hanya karena Aprilia ingin mendapat umpan balik darinya.

1 dari 3 halaman

Tak Terlalu Jauh dari Catatan Terbaik

Sky Sport pun melaporkan bahwa Dovizioso mulai turun lintasan pada pukul 10.30 sampai pukul 18.00 waktu setempat, berbarengan dengan para test rider Yamaha, Honda, dan KTM, serta para pembalap MotoE yang juga sedang uji coba di Jerez. Ia pun dikabarkan 7-8 kali keluar lintasan, yang tiap run-nya terdiri dari 4-5 lap.

Dovizioso pun fokus pada ergonomi motor dan mencari posisi tempat duduk yang tepat, karena RS-GP selama ini dikembangkan berdasarkan masukan Espargaro, yang tubuhnya jauh lebih tinggi darinya. Ia pun mencatatkan waktu antara 1 menit 39,5 detik sampai 1 menit 40 detik.

Sebagai perbandingan rekor lap dalam balapan di Jerez dipegang oleh Marc Marquez (2019) dengan 1 menit 38,051 detik. Namun, tentu catatan Dovizioso kali ini tak bisa dianggap terlalu serius karena ia sudah empat bulan tak mengendarai motor MotoGP dan ini momen perdananya di atas RS-GP.

2 dari 3 halaman

Ada Kans Kembali Balapan Tahun Ini

Atmosfer di garasi Aprilia Racing pun dikabarkan positif, di mana Dovizioso bertemu sang CEO, Massimo Rivola, dan sang Direktur Teknis, Romano Albesiano. Dua pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori juga hadir. MotosanES pun mengabarkan komentar pertama Dovizioso usai turun dari motor. "Ini motor yang mudah," tuturnya.

Uji coba pun akan berlanjut pada Rabu (13/4/2021) dan Kamis (14/4/2021), sebelum Espargaro dan Savadori bertolak ke Sirkuit Portimao untuk menjalani MotoGP Portugal pada 16-18 April. Dovizioso dikabarkan akan mendapatkan sesi uji coba lagi di Mugello, Italia, pada Mei, namun Aprilia memilih bungkam.

Di sisi lain, rumor beredar bahwa jika seluruh sesi uji coba Dovizioso dengan Aprilia berjalan lancar dan menyajikan hasil-hasil menarik, maka diperkirakan rider berusia 35 tahun itu akan kembali berlaga di MotoGP pada pertengahan musim nanti, menggantikan Savadori yang nantinya akan kembali berperan sebagai test rider.

Sumber: Sky Sport, MotosanES

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR