BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Akhiri Kontrak Rio, Manor Tawarkan Peran Pebalap Cadangan

10-08-2016 15:25 |

Rio Haryanto (c) AFP Rio Haryanto (c) AFP

Bola.netBola.net - Manor Racing akhirnya merilis pernyataan resmi untuk mengumumkan keputusan mereka mengakhiri kontrak pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto di sisa musim Formula 1 2016, setelah pebalap berusia 23 tahun itu tak bisa memenuhi kewajiban kontraknya.


Rio yang merupakan pebalap Indonesia pertama di F1 memiliki kontrak inisial berdurasi 11 seri pertama, yakni sejak F1 GP Australia hingga Hungaria. Meski begitu, Manor Racing tetap mengizinkannya turun lintasan di seri ke-12, yakni Hockenheim, Jerman pada 29-31 Juli lalu.

Pebalap kelahiran Solo ini membutuhkan dana sebesar 15 juta euro sebagai biaya balapnya di Manor Racing, dan 8 juta euro telah dibayarkan. Setelah sulit mencari bantuan untuk memenuhi biaya tersisa, Rio pun tak akan lagi membalap terhitung sejak F1 GP Belgia pada 26-28 Agustus mendatang.

Rio Haryanto (c) AFPRio Haryanto (c) AFP

Meski begitu, dalam pernyataan resminya, Manor Racing mengaku tetap mendukung impian Rio bertahan di F1. Tim ini menawarkan jabatan pebalap cadangan padanya untuk sembilan tersisa musim ini. Meski begitu, belum ada jawaban dari pihak Rio hingga kini.

Pernyataan resmi Racing Director Manor Racing, Dave Ryan:

"Rio telah menjadi anggota tim kami yang berharga sejak Januari, ketika kami tanda tangan kontrak dengannya untuk musim ini. Beberapa waktu lalu, manajemennya mengaku mengalami kesulitan memenuhi obligasi kontrak seusai GP Hungaria. Tim Rio sudah berupaya keras mengatasi situasi dengan pendukungnya di Indonesia dan kami memberi dukungan sebesar mungkin, termasuk memperbolehkan Rio balapan di Jerman. Sayangnya, kami mencapai titik di mana, sesuai dengan keperluan tim, kami terpaksa mencari opsi lain untuk sisa musim ini.

Kami sangat senang bisa melanjutkan dukungan kami untuk ambisi Rio di F1, dengan menawarinya peran sebagai pebalap cadangan untuk sisa musim ini. Kami sangat berharap ia mau menerima tawaran ini."

   

KOMENTAR