Agostini: Yamaha Pasti Bakal Dengarkan Saran Rossi

Bola.net | 28 September 2018, 10:35
Valentino Rossi (c) AFP
Valentino Rossi (c) AFP

Bola.net - - Lima belas kali juara dunia, Giacomo Agostini menyayangkan nasib buruk Yamaha selama dua musim terakhir. Sudah 23 balapan mereka lalui tanpa kemenangan, dan angka ini membuat mereka 'resmi' tengah mengalami masa-masa terburuk sepanjang keikutsertaan mereka di MotoGP.


Kemenangan terakhir Yamaha diraih oleh Valentino Rossi di Assen, Belanda tahun lalu, dan musim ini mereka 'hanya' mengumpulkan delapan podium, dan belum lagi meraih trofi sejak paruh kedua musim ini dimulai. Bahkan, performa mereka kian menurun dan kesulitan hanya untuk finis di 10 besar.

Uniknya, saat ini Rossi masih duduk di peringkat ketiga pada klasemen pebalap dengan koleksi 159 poin. Meski telah jauh tertinggal dari Marc Marquez yang ada di puncak, Rossi sendiri menyebut peringkatnya ini adalah sebuah keajaiban. Di lain sisi, Maverick Vinales tengah berada di peringkat kelima dengan 130 poin.

1 dari 2 halaman

Beri Saran Solutif

Giacomo Agostini (c) MotoGP

Orang yang benar-benar tahu seluk beluk kinerja Yamaha tentu adalah Giacomo Agostini. Meski juga dikenal sebagai ikon MV Agusta, Agostini juga pernah merebut gelar dunia bersama Yamaha. Legenda MotoGP ini pun dapat memahami perasaan Rossi, yang masih punya semangat tinggi untuk tampil kompetitif namun tak didukung dengan perangkat yang mumpuni.

"Saat saya pergi bertemu orang-orang Jepang, saya memberi beberapa solusi, yang akan diolah oleh para test rider di Jepang. Saya memberi saran-saran yang bisa membuat motor lebih baik. Dengan begitu, mereka akan mengembangkan motor dan performanya akan meningkat. Inilah yang membuat saya bisa meraih gelar dunia," ungkapnya seperti yang dilansir Tutto Motori.

2 dari 2 halaman

Rossi Bakal Didengar

Agostini pun memilih optimistis. Ia yakin Yamaha akan bangkit dari keterpurukan, asal Rossi memberikan arahan yang tepat demi memperbaiki performa YZR-M1. Pria asal Italia ini bahkan meyakini bahwa para teknisi dan engineer Yamaha akan benar-benar memperhatikan masukannya, mengingat ia telah mempersembahkan empat gelar dunia bagi pabrikan Garpu Tala.

Vale punya kuasa besar, karena ia telah memberikan banyak hal pada Yamaha. Ia memberi mereka banyak kebahagiaan dan gelar. Jadi mereka akan mendengarkannya. Tapi entah apa ia telah memberikan indikasi yang benar atau tidak. Kepada para teknisi dan engineer, Anda harus memberikan indikasi yang tepat karena mereka bukan orang yang mengendarai motor, mereka tak tahu apa yang benar-benar dirasakan seorang rider," pungkas Ago.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR