Agostini Sayangkan Iannone Tersandung Kasus Doping

Anindhya Danartikanya | 4 Februari 2020, 11:25
Andrea Iannone (c) Aprilia Racing
Andrea Iannone (c) Aprilia Racing

Bola.net - Legenda MotoGP sekaligus 15 kali juara dunia, Giacomo Agostini, mengaku sangat menyayangkan rider Aprilia Racing Team Gresini, Andrea Iannone, tersandung kasus dugaan penggunaan doping.


Kasus ini mencuat ke publik pada 17 Desember 2019, saat FIM mengumumkan Iannone dilarang turun di ajang balap apa pun usai sampel urinnya yang diambil di Sepang, Malaysia, 3 November lalu, terbukti mengandung streoid drostanolone.

Iannone pun diperbolehkan meminta sampel urin kedua yang diambil pada saat yang sama juga dianalisa, dan ternyata juga mengandung substansi yang sama meski kadarnya sangat rendah.

1 dari 2 halaman

Nilai Iannone Punya Talenta Hebat

Iannone dan pengacaranya meyakini bahwa substansi tersebut masuk ke dalam tubuhnya akibat kontaminasi pada daging yang ia konsumsi selama menjalani balapan 'Tur Asia' selama Oktober-November.

Iannone pun akan menjalani sidang FIM di Swiss, Selasa (4/2/2020), untuk membuktikan dirinya tak bersalah. Meski begitu, jika terbukti bersalah, ia terancam dilarang balapan di ajang balap apa pun selama empat tahun.

Agostini, yang juga berasal dari Italia seperti The Maniac, mengaku sangat sedih melihat peristiwa ini. "Iannone... Sungguh masalah besar. Sungguh disayangkan, karena bagi saya ia punya talenta hebat," ungkapnya seperti yang dikutip Corsedimoto.

2 dari 2 halaman

Tadinya Tak Terpikir Punya Hidup Glamor

Agostini bahkan menyatakan bahwa Iannone tadinya merupakan orang baik-baik, yang bersikap rendah hati, sangat mengutamakan keluarga, dan sangat fokus pada performanya di lintasan alih-alih punya hidup glamor seperti sekarang.

"Andrea melakukan kesalahan, seperti orang lain, tapi ia orang yang tadinya rendah hati, dekat dengan keluarga. Ia tadinya tak punya keinginan punya mobil-mobil mewah dan jet pribadi. Saya bilang begini karena saya prihatin, bukan untuk mengkritiknya," ungkapnya.

Akibat larangan balap yang dijatuhkan FIM, serta jadwal sidang FIM, Iannone pun terpaksa absen dari uji coba pramusim shakedown MotoGP Sepang, Malaysia, 2-4 Februari. Keikutsertaannya dalam uji coba di trek yang sama pada 7-9 Februari juga terancam.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR