BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Absen Balapan, Marc Marquez: Masih Ada Peluang Juarai MotoGP 2020

25-07-2020 22:25 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan absen dari balapan MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez pada Minggu (26/7/2020). Namun, rider berusia 27 tahun ini memberi peringatan kepada para rival untuk tidak langsung mencoretnya dari peta perebutan gelar 2020. Hal ini ia sampaikan via DAZN.

Marquez mengalami patah tulang humerus kanan usai jatuh di MotoGP Spanyol pada Minggu (19/7/2020), dan menjalani operasi di Barcelona pada Selasa (21/7/2020). Ia lalu memutuskan kembali ke Jerez pada Kamis (23/7/2020) untuk tes medis demi melihat apakah ia cukup fit untuk balapan akhir pekan ini.

Usai menjalani tes itu, ia dinyatakan fit, namun memilih tak turun dalam sesi latihan pertama (FP1) dan kedua (FP2). Ia pun turun dalam sesi latihan ketiga FP3 pada Sabtu (25/7/2020), namun hanya menjalani sedikit lap dan memilih fokus turun di sesi latihan bebas keempat (FP4). Dalam sesi tersebut, Marquez hanya menjalani tujuh lap.

1 dari 3 halaman

Tetap Berkomitmen dan Belajar dari Kesalahan

Sang delapan kali juara dunia ini sempat nekat turun dalam sesi Kualifikasi 1 (Q1), namun setelah satu lap, ia kembali ke garasi dan tak kembali ke trek. Setelah pembicaraan dengan tim medis dan petinggi tim, akhirnya Marquez memutuskan absen dari balapan.

"Begitulah dunia balap. Anda harus mencapai limit dalam kompetisi. Kesalahan bisa datang pada masa-masa tak terduga. Cedera ini sungguh disayangkan, dan itulah yang paling saya sesali dan hal yang paling menyakitkan," ujar Marquez seperti yang dikutip Marca usai sesi kualifikasi berakhir.

Marquez pun bertekad belajar dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan pekan lalu. "Sebelumnya saya sudah melakukan banyak kesalahan dalam karier saya. Jadi saya akan tetap berkomitmen. Ini bagian dari olahraga kami. Yang penting adalah belajar dari kesalahan itu," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Masih Ada 11 Balapan Tersisa

Akibat gagal finis di MotoGP Spanyol dan absen dari MotoGP Andalusia, otomatis Marquez belum mengantongi satu pun poin di klasemen pebalap. Meski begitu, ia yakin peluangnya untuk mempertahankan gelar dunia belum tertutup mengingat masih ada 11 balapan tersisa.

"Selama secara matematis masih ada peluang, mungkin saja merebut gelar. Jika saya ada di sini, itu berarti saya melihat kesempatan. Saya akan bekerja mulai siang ini demi mencapai kondisi terbaik di Brno, karena saya melihat ada kesempatan juara. Masih ada banyak balapan. Selama ada kemauan dan usaha, gelar bisa diraih," tutupnya.

MotoGP Brno, Ceko, akan digelar pada 7-9 Agustus mendatang.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR