BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

9 Rider MotoGP Uji Coba di Catalunya, Jajal Modifikasi di Tikungan La Caixa

25-02-2021 13:10 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Twitter/HRC MotoGP Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Twitter/HRC MotoGP

Bola.net - Meski uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, dibatalkan akibat Covid-19, para rider MotoGP tetap sibuk mempersiapkan diri dengan motor-motor superbike mereka di sirkuit-sirkuit Eropa, termasuk Sirkuit Misano, Jerez, Almeria, Ricardo Tormo, dan tentunya Barcelona-Catalunya.

Terhitung ada sembilan pembalap MotoGP yang hadir di Catalunya pada Rabu (24/2/2021). Tak hanya menjalani latihan motor, mereka juga diminta untuk menjalankan sesi uji coba demi menjajal Tikungan 10 alias Tikungan La Caixa yang selama setahun belakangan mengalami modifikasi.

La Caixa tadinya hanya dipakai layout trek Formula 1, namun dipakai oleh MotoGP sejak 2016 usai Luis Salom meninggal dunia akibat kecelakaan hebat di Tikungan 12 dalam sesi latihan bebas Moto2. Kecelakaan tersebut diduga dipicu oleh kecepatan yang kelewat tinggi usai melaju di rangkaian Tikungan 10-11 yang begitu panjang.

1 dari 3 halaman

Lakukan Pembenahan di Tengah Covid-19

Sayang, sejak itu La Caixa jadi tikungan yang dibenci para rider MotoGP karena bentuknya yang kelewat tajam ke kiri, hingga mengakibatkan banyak kecelakaan. Yang paling diingat adalah insiden Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone pada 2016, dan tabrakan 'massal' antara Lorenzo, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi pada 2019.

Meski Spanyol menjadi salah satu negara Eropa yang paling parah terdampak Covid-19, pengelola Sirkuit Barcelona-Catalunya bekerja keras memodifikasi La Caixa agar lebih aman bagi pembalap. Tikungan itu kini tak lagi berbentuk tajam, melainkan cukup landai hingga para pembalap tak perlu mengerem secara agresif.

Sembilan pembalap MotoGP yang hadir, yakni Joan Mir, Alex Rins, Pol Espargaro, Jack Miller, Fabio Quartararo, Alex Marquez, Takaaki Nakagami, Aleix Espargaro, Johann Zarco, dan beberapa pembalap Moto2, Moto3, WorldSBK, dan WorldSSP mengaku cukup puas atas perubahan bentuk La Caixa.

2 dari 3 halaman

Maverick Vinales Menyusul

Dalam uji coba ini, Mir dan Rins mengendarai motor superbike Suzuki GSXR1000, Pol Espargaro menaiki Honda CBR1000RR, Marquez dan Nakagami mengendarai Honda RC213V-S, Miller dan Zarco mengendarai Ducati Panigale V4S, Quartararo mengendarai Yamaha YZF-R1, dan Aleix Espargaro menaiki Aprilia RSV4-1100.

Corsedimoto pun melaporkan bahwa tandem Quartararo di Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, menyusul ke Catalunya pada siang hari, usai latihan bersama sang sepupu yang juga rider WorldSBK, Isaac Vinales, di Sirkuit Almeria. Ia juga menjajal La Caixa.

Mereka pun akan kembali turun lintasan bersama dengan motor-motor MotoGP mereka dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang.

Sumber: Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR