BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

9 Momen Mencengangkan di Paruh Pertama MotoGP 2019

15-07-2019 13:05 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Jerman 2019 (c) AP Photo MotoGP Jerman 2019 (c) AP Photo

Bola.net - Para penghuni paddock MotoGP saat ini tengah menjalani rehat dan liburan musim panas. Liburan ini pun diperlukan demi mengisi ulang baterai yang telah terpakai menjalani 9 balapan pertama 2019 yang cukup menegangkan dan penuh aksi.

Saat ini, Marc Marquez masih berkuasa, memuncaki klasemen dengan 186 poin, unggul 58 poin atas rider Ducati Team, Andrea Dovizioso di peringkat kedua. Margin yang lebar ini membuat rider Repsol Honda itu berada di ambang gelar dunia yang kedelapan.

Tim Bola.net pun telah merangkum momen-momen tak terlupakan apa yang saja yang sudah terjadi dalam 9 balapan pada paruh pertama musim ini.

Apa saja momen-momen tersebut? Simak yang berikut ini yuk, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Tiga Seri Non-Eropa

Valentino Rossi dan Marc Marquez (c) MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marquez (c) MotoGP

MotoGP Qatar - Spoongate Ducati

Ducati mendapat protes dari Aprilia, Honda, KTM, dan Suzuki atas pemakaian sebuah winglet mungil atau spoon pada bagian swingarm Desmosedici GP19 yang dipakai Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller.

Ducati membantah bahwa winglet tersebut merupakan perangkat aerodinamika, dan berdalih bahwa benda itu berfungsi sebagai pendingin ban belakang. Usai ini dibawa ke Pengadilan FIM, Ducati dinyatakan menang atas perdebatan ini.

MotoGP Argentina - Jabat Tangan Rossi dan Marquez

Usai kalah dari Dovizioso di Qatar, Marquez akhirnya meraih kemenangan perdananya musim ini dalam balapan di Termas de Rio Hondo kali ini. Di belakang Marquez, terdapat Valentino Rossi (Yamaha) yang berhasil finis kedua usai membekuk Dovizioso.

Pemandangan unik sesaat sebelum ketiganya naik podium pun tertangkap oleh kamera. Rossi terlihat menyapa Marquez dan mengulurkan jabat tangan untuk memberi selamat. Ini adalah jabat tangan pertama antara Rossi dan Marquez pasca keduanya bersenggolan di tempat yang sama pada 2018 lalu.

MotoGP Austin - Marquez Jatuh, Rins Menang

Usai enam kali menang secara beruntun di Circuit of The Amercias (COTA), Marquez 'mengakhiri' dominasinya di MotoGP Austin. Ia gagal finis akibat terjatuh di Tikungan 12 pada Lap 9, yakni justru saat ia memimpin balapan.

Usai Marquez terjatuh, Rossi, memimpin balapan selama 8 lap, sebelum saling salip dengan Alex Rins (Suzuki) pada 4 lap terakhir. Rins pun keluar sebagai pemenang, dan mempersembahkan kemenangan pertama bagi Suzuki sejak MotoGP Inggris 2016 (Maverick Vinales).

2 dari 4 halaman

Rentetan Spanyol dan Prancis

Fabio Quartararo (c) SRT Fabio Quartararo (c) SRT

MotoGP Jerez - Pole Fabio Quartararo

Usai hangat diperbincangkan seisi paddock karena sama sekali tak pernah jatuh sejak menjajal motor MotoGP untuk pertama kali pada masa uji coba, Fabio Quartararo (Yamaha) akhirnya menggebrak lewat pole yang ia raih dalam sesi kualifikasi Jerez.

Menjalani start dengan baik, El Diablo ada di posisi ketiga pada lap pertama, dan naik ke posisi kedua. Sayang, asanya merebut podium harus sirna ketika gearbox pada YZR-M1 miliknya bermasalah pada Lap 14 dan ia harus kembali ke pit dan mengakhiri balapan lebih awal.

MotoGP Le Mans - Gosip Alex Marquez ke MotoGP

Usai kompak memenangi balapan di Le Mans dengan sang kakak, Marc Marquez, Alex Marquez (Marc VDS Moto2) secara menggemparkan dikabarkan tengah menjalani negosiasi dengan Pramac Racing dan Ducati untuk naik ke MotoGP 2020, dengan peluang menggantikan Jack Miller.

Negosiasi antara Alex, Pramac, dan Ducati ini, diisukan sebagai pancingan agar Marc mau meninggalkan Honda demi Ducati pada tahun 2021 mendatang. Dalam pekan balap Mugello, Italia, akhirnya Alex dan Pramac membenarkan adanya negosiasi tersebut.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Mugello dan Catalunya

Danilo Petrucci (c) AP Photo Danilo Petrucci (c) AP Photo

MotoGP Italia - Kemenangan Petrucci

Meski Mugello terkesan sebagai teritori Rossi, sirkuit ini justru dikuasai Ducati selama tiga musim terakhir. Dalam balapan kali ini, terjadi pertarungan sengit antara Petrucci, Marquez, dan Dovizioso.

Ketiganya saling salip sepanjang balapan, namun Petrucci akhirnya keluar sebagai pemenang usai melakukan manuver berani pada Marquez dan Dovizioso di Tikungan 1 pada lap terakhir. Ini adalah kemenangan perdana Petrucci di MotoGP, usai nyaris mendapatkannya di Belanda dan Misano 2017.

MotoGP Catalunya - Ulah Jorge Lorenzo

Usai kesulitan beradaptasi dengan RC213V, Jorge Lorenzo (Honda) akhirnya mulai merasa nyaman di Catalunya. Saking nyamannya, ia langsung merangsek ke posisi 4 pada lap pertama, usai start dari posisi 10. Sayang, ban depannya tiba-tiba selip saat hendak menyalip Maverick Vinales (Yamaha) di Tikungan 10 pada lap kedua.

Motor Lorenzo pun menabrak motor Dovizioso yang ada di depannya, lalu ikut menabrak motor Vinales dan Rossi. Rossi tak terlalu mempermasalahkan insiden tersebut, sementara Vinales dan Dovizioso menuntut adanya hukuman. Meski begitu, Pengawas Balap menganggapnya sebagai insiden balap biasa.

4 dari 4 halaman

Dua Pekan di Belanda dan Jerman

Valentino Rossi usai terjatuh di MotoGP Belanda (c) MotoGP Valentino Rossi usai terjatuh di MotoGP Belanda (c) MotoGP

MotoGP Belanda - Kemenangan Vinales, Kesialan Rossi-Lorenzo

Pada lap pembuka, Vinales sempat duduk di posisi 5, namun akhirnya memastikan kemenangan usai rasa sakit kembali muncul pada lengan kanan Quartararo yang tengah cedera arm pump. Ini adalah kemenangan pertama baik bagi Vinales maupun Yamaha sejak MotoGP Australia di Phillip Island tahun lalu.

Di lain sisi, balapan juga menandai ketiga kalinya Rossi mengalami gagal finis secara beruntun, rentetan kesialan yang ia alam pun pertama kali sejak tiga seri terakhir 2011, saat rider Italia ini masih membela Ducati.

Dalam garasi Repsol Honda, Lorenzo juga terpaksa absen dari sisa pekan balap usai mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 7 pada sesi latihan pertama (FP1). Sempat linglung, Lorenzo segera dilarikan ke Medical Centre dan rumah sakit terdekat, dan dinyatakan cedera keretakan tulang belakang T6 dan T8. Akibatnya, Lorenzo harus absen juga di Jerman.

MotoGP Jerman - Marc Marquez 10 Kali Menang

Berjuluk 'SachsenKing' dan 'King of The Ring', Marquez sukses meraih pole dan kemenangannya yang ke-10 secara beruntun di Sirkuit Sachsenring, yakni trek yang sudah ia menangi sejak masih turun di GP125 2010 mendatang.

Tak hanya kesuksesan bagi Marquez, kemenangan ini juga merupakan kemenangan Honda yang ke-10 di Sachsenring, juga sejak 2010, yakni tiga lewat Dani Pedrosa, dan tujuh lewat Marquez.

Menjalani rehat musim panas selama 4 pekan, tim-tim dan para pebalap akan memulai paruh kedua musim ini di pekan balap MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada 2-4 Agustus, dan juga uji coba pascabalap pada 5 Agustus mendatang.

Kemenangan Dramatis Dovizioso atas Marquez di MotoGP Austria

KOMENTAR