9 Catatan Mentereng dari Kemenangan Jorge Martin di MotoGP Styria

Anindhya Danartikanya | 9 Agustus 2021, 14:34
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) AP Photo
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) AP Photo

Bola.net - Rider Pramac Racing, Jorge Martin, membuktikan dirinya merupakan salah satu bintang masa depan MotoGP usai menggebrak dengan kemenangan di Seri Styria, yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (8/8/2021).


Start dari pole, Martin tersalip Pecco Bagnaia. Tapi balapan dihentikan pada Lap 3 usai motor KTM Dani Pedrosa meledak di Tikungan 3 akibat tertabrak Lorenzo Savadori (Aprilia). Balapan diulang sepenuhnya dengan 27 lap, satu lap lebih sedikit dari durasi asli.

Kembali start dari pole, Martin tersalip Jack Miller, bahkan sempat tersalip Joan Mir pada Lap 2. Namun, Martin membalas Mir pada Lap 3 dan Miller pada Lap 4. Sejak itu, ia memimpin balapan sampai finis, meski sempat ditempel ketat oleh Mir yang juga rivalnya sejak kecil.

Dari kemenangan Martin ini, ada sembilan catatan menarik yang tergores, beberapa di antaranya berupa rekor. Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Catatan Mentereng dari Kemenangan Jorge Martin

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

1) Ini kemenangan perdana Martin di MotoGP, sekaligus kemenangan perdananya sejak Moto2 Teruel di Aragon, Spanyol, pada 2020.

2) Martin juga merebut kemenangan perdana bagi Pramac Racing di kelas tertinggi. Ini adalah penantian mereka yang sudah berlangsung selama 20 tahun sejak mereka turun di MotoGP pada 2002.

3) Selain itu, Martin menjadi pembalap tim satelit Ducati pertama yang mampu meraih kemenangan di MotoGP. Sebelumnya, semua kemenangan Ducati diraih oleh pembalap tim pabrikan.

2 dari 3 halaman

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) AP Photo

4) Dalam enam balapan yang ia jalani musim ini, Martin sudah mengoleksi dua pole (Doha dan Styria), satu podium (finis ketiga di Doha), dan satu kemenangan (Styria).

5) Kemenangan Martin merupakan kemenangan keenam Ducati dari tujuh balapan yang digelar di Red Bull Ring sejak trek ini menjadi kembali menjadi tuan rumah Grand Prix motor dunia pada 2016.

6) Martin juga menjadi pembalap Ducati keempat yang pernah mengecap kemenangan di Red Bull Ring, yakni setelah Andrea Iannone (2016), Jorge Lorenzo (2018), Andrea Dovizioso, (2017, 2019, 2020).

3 dari 3 halaman

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

7) Nama Martin kini sejajar dengan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Brad Binder sebagai rider yang mampu memenangi balapan MotoGP dengan status debutan (terhitung sejak MotoGP digulirkan pada 2002).

8) Martin menjadi pembalap Ducati kesembilan yang mampu meraih kemenangan di MotoGP, namanya bersanding dengan Loris Capirossi, Troy Bayliss, Casey Stoner, Andrea Iannone, , Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Danilo Petrucci, dan Jack Miller.

9) Martin juga menjadi pembalap ke-28 dalam sejarah yang mampu meraih kemenangan di MotoGP (terhitung sejak MotoGP digulirkan pada 2002).

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR