BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

8 Fakta Unik di Balik Kembalinya Jorge Lorenzo ke Yamaha

14-02-2020 13:45 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Bola.net - Dua pekan lalu, tepatnya 28-30 Januari 2020, Yamaha merilis empat pengumuman resmi yang sukses menggemparkan paddock MotoGP. Selain mengumumkan line up pebalap untuk 2021, mereka juga mengumumkan kembalinya salah satu juara dunianya.

Empat pengumuman itu adalah perpanjangan kontrak Maverick Vinales, hengkangnya Valentino Rossi dari tim pabrikan, bergabungnya Fabio Quartararo di tim pabrikan, serta kembalinya Jorge Lorenzo usai membela Ducati Team dan Repsol Honda.

Tak lagi menjadi pebalap reguler, Lorenzo kini justru menjabat sebagai test rider Yamaha. Ia pun akan bertugas menjalani rangkaian uji coba untuk pabrikan Garpu Tala sepanjang tahun dan ikut mengembangkan motor YZR-M1.

Ia pun sudah mulai menjalankan tugasnya dalam uji coba shakedown dan pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, pada 2-4 dan 7-9 Februari lalu, meski hanya berkendara pada hari ketiga.

Ada delapan fakta unik lain mengenai kembalinya Lorenzo ke Yamaha. Apa saja sih, Bolaneters? Berikut ulasannya.

1 dari 8 halaman

Sudah Umumkan Pensiun pada Akhir 2019

Jorge Lorenzo (c) HRC Jorge Lorenzo (c) HRC

Kembalinya Lorenzo ke Yamaha sebagai test rider, berarti ia akan kembali aktif mengendarai motor MotoGP, meski tak dalam balapan. Padahal, Lorenzo telah mengumumkan keputusan pensiun akhir musim lalu, setelah dirundung cedera punggung berkepanjangan.

2 dari 8 halaman

Didukung Penuh oleh Valentino Rossi

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Uniknya, kembalinya Lorenzo ke Yamaha sebagai test rider ini sudah didukung eks tandem dan rival bebuyutannya, Valentino Rossi. Rossi mengaku selalu yakin Lorenzo bakal kembali cepat andai ia meninggalkan Ducati dan Honda untuk kembali ke Yamaha, bahkan saat cedera sekalipun.

3 dari 8 halaman

Ikuti Jejak Casey Stoner dan Dani Pedrosa

Casey Stoner dan Jorge Lorenzo (c) MotoGP Casey Stoner dan Jorge Lorenzo (c) MotoGP

Langkah Lorenzo menerima tawaran menjadi test rider Yamaha ini pun berarti ia mengikuti jejak Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Stoner, yang pensiun pada akhir 2012, sempat menjadi test rider Honda sampai 2015, dan Ducati sampai tahun 2018. Pedrosa, yang pensiun pada akhir 2018, kini menjadi test rider KTM.

4 dari 8 halaman

Tetap Menyatu dengan YZR-M1

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Berkendara masing-masing pada hari ketiga uji coba shakedown dan pramusim di Sepang, Lorenzo sekadar mengendarai YZR-M1 versi 2019 milik Rossi, namun ia langsung melaju cepat dan merasa motor itu tak banyak berubah sejak ia tinggalkan di Valencia pada 2016, balapan terakhirnya di Yamaha sebelum pindah ke Ducati.

5 dari 8 halaman

Cedera Tak Lagi Menganggu

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Baik dalam uji coba shakedown dan pramusim di Sepang, Lorenzo menjalani 46 lap dalam cuaca yang sangat panas dan lembap. Meski begitu, ia mengaku kondisi fisiknya sama sekali tak bermasalah. Cedera punggungnya bahkan tak lagi memberi rasa sakit, dan hal ini membantunya nyaman berkendara di atas YZR-M1.

6 dari 8 halaman

Bisa Turun Balapan dengan Fasilitas Wildcard

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Yamaha telah mengajukan dua fasilitas wildcard kepada IRTA untuk Lorenzo musim ini, yang salah satunya adalah MotoGP Catalunya, seri kandang Lorenzo. Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis membenarkan hal ini, namun baik Yamaha dan Lorenzo masih belum berani memastikan apakah fasilitas ini benar-benar akan mereka gunakan.

7 dari 8 halaman

Bisa Kembali Balapan Semusim Penuh

Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo (c) Yamaha Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo (c) Yamaha

Jangankan balapan sebagai pebalap wildcard, Lorenzo bahkan digosipkan bisa kembali balapan semusim penuh seperti sedia kala pada 2021 mendatang. Jarvis pun menyatakan bahwa ia berpotensi bertandem lagi dengan Rossi di Petronas Yamaha SRT, jika Franco Morbidelli hengkang ke tim lain.

8 dari 8 halaman

Bakal Dapat Status MotoGP Legend

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Meski masih punya kemungkinan untuk kembali aktif berkompetisi, Lorenzo sudah akan mendapatkan status MotoGP Legend, yang bakal diresmikan di Jerez, Spanyol, pada awal Mei mendatang.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland