BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

7 Legenda MotoGP Heran Valentino Rossi Masih Termotivasi

20-12-2019 15:15 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) AP Valentino Rossi (c) AP

Bola.net - Lewat situs resmi mereka, MotoGP baru-baru ini merilis wawancara bersama tujuh 'MotoGP Legend' yang dimintai pendapat mengenai Valentino Rossi, yang masih belum menunjukkan tanda-tanda ingin gantung helm.

Tahun 2020 akan menandai 25 musim sudah Rossi berkiprah di ajang Grand Prix, dan merupakan musim ke 20 The Doctor berkompetisi di kelas tertinggi. Meski begitu, rider berusia 40 tahun tersebut mengaku masih bersenang-senang mengendarai YZR-M1.

Kevin Schwantz, Wayne Rainey, Kenny Roberts sr, Freddie Spencer, Mick Doohan, Loris Capirossi, dan Giacomo Agostini, diketahui pensiun dari ajang Grand Prix ketika usia mereka belum menginjak 40 tahun, dan mereka pun heran melihat Rossi masih kompetitif.

Berikut pendapat mereka mengenai sang sembilan kali juara dunia tersebut.

1 dari 7 halaman

Kevin Schwantz

"Ia paham benar soal apa yang harus ia katakan dalam jumpa pers dan media day. Marc memang tampil sangat baik, tapi jika ada satu rider yang selalu mendorong para rider untuk makin ngotot, ia adalah Valentino."

2 dari 7 halaman

Wayne Rainey

"Valentino sungguh menakjubkan, masih punya motivasi dan hasrat setiap hari untuk memikirkan soal mengendarai motor dan berkompetisi melawan para rider terbaik dunia. Vale selalu bugar, dan saya rasa ini adalah kunci penting. Jika Anda tetap sehat, Anda bisa tetap kompetitif, setidaknya pada hari Minggu, dan motor Anda juga bisa mengalami evolusi demi mendukung Anda untuk tetap termotivasi. Jika ia bisa meraih hasil baik, mengapa tidak balapan beberapa tahun lagi?"

3 dari 7 halaman

Kenny Roberts sr

"Menakjubkan. Sungguh menakjubkan. Saya sungguh tak tahu bagaimana bisa ia melakukannya. Ia masih balapan dalam usia 40 tahun, sementara saya terakhir balapan dalam usia 35 tahun. Saya masih bisa menang, tapi soal motivasi untuk menang, saya sudah tak memimpikannya lagi."

4 dari 7 halaman

Freddie Spencer

"Sungguh menakjubkan, dan saya sangat menghormati Valentino. Saya rasa ini semua karena ia mencintai apa yang ia lakukan. Contoh sempurna adalah latihannya di arena dirt track. Ia berkendara dengan para rider muda di Ranch dan berusaha tetap aktif. Ini bukti bahwa jika Anda berusaha tetap fit, punya mentalitas yang tepat, dan bebas cedera, maka Anda bisa kompetitif. Valentino sangat beruntung soal ini."

5 dari 7 halaman

Loris Capirossi

"Berkali-kali saya bertanya padanya, 'Dari mana kau dapatkan adrenalin untuk tampil seperti itu?' dan ia bilang 'Itu karena aku masih sangat menikmatinya'. Melihat rider berusia 40 tahun seperti dia, yang masih balapan seperti anak muda, jelas ini bukti bahwa talentanya memang luar biasa. Jadi, ia masih menikmati apa yang ia lakukan."

6 dari 7 halaman

Mick Doohan

"Usia 40 tahun saya rasa bukan masalah. Semua rider mulai naik motor sejak usia dini, dan hal-hal macam ini akan terus ada di pikirannya. Saya sendiri sudah pensiun sejak 20 tahun lalu, jadi Vale juga sudah turun di MotoGP selama 20 tahun. Itu periode yang sangat lama, padahal saya sendiri hanya 10 tahun turun di Grand Prix dan bagi saya sangat sulit mencari motivasi untuk tetap bertarung."

7 dari 7 halaman

Giacomo Agostini

"Ia selalu mencoba tampil maksimal di setiap balapan, dan saya rasa penting bagi Valentino untuk bekerja dengan para rider muda. Para rider muda kadang punya sesuatu yang lebih, tapi Valentino punya banyak pengalaman dan ia tahu, mengalahkan para rider muda tidaklah mudah, karena orang yang berusia 40 tahun, biasanya punya jalan pikiran yang berbeda dengan para rider yang lebih muda. Beberapa tahun lalu, Vale juga berpikir berbeda. Saya rasa ini normal. Beginilah hidup."

KOMENTAR