BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

6 Merek Baju Balap Rider MotoGP, Siapa yang Paling Banyak Pengguna?

14-06-2021 11:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Topik baju balap alias wearpack belakangan ini jadi panas diperbincangkan oleh komunitas MotoGP akibat insiden yang dialami Fabio Quartararo dalam Seri Catalunya, Spanyol, pada Minggu (6/6/2021) lalu. Tahukah Bolaneters bahwa ada enam merek baju balap yang dipakai 22 rider MotoGP?

Baju balap El Diablo mendadak terbuka pada lap-lap terakhir MotoGP Catalunya, saat ia berebut posisi kedua dengan Johann Zarco dan Jack Miller. Ritsletingnya terbuka hingga pelindung dadanya terbang akibat kecepatan tinggi. Insiden ini pun dianggap membahayakan nyawa rider Monster Energy Yamaha tersebut.

Usai balap, baju balap Quartararo ini dikirim ke truk Pengembangan Balap Alpinestars yang ada di paddock sirkuit dan segera dianalisa oleh para teknisinya. Dua hari setelahnya, Alpinestars pun menyatakan bahwa hasil investigasi awal menyatakan ritsleting baju balap Quartararo berfungsi dengan normal.

1 dari 3 halaman

Inovasi Teknologi Terus Berkembang

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Meski insiden ini tak mengandung unsur kesengajaan, seluruh produsen atau pabrikan baju balap yang ada di MotoGP pun menjadikannya sebagai pelajaran penting, mengingat keselamatan pembalap adalah hal nomor satu dalam olahraga yang berbahaya ini.

Seiring berjalannya waktu, baju balap memang terus berkembang disertai dengan inovasi-inovasi canggih. Salah satu sistem yang paling penting di dalamnya adalah sistem airbag, yang berfungsi menghindarkan pembalap dari cedera serius ketika terjatuh keras di aspal atau gravel.

Saat ini, hanya Alpinestars dan Dainese yang sudah mengembangkan sistem ini, yakni masing-masing dengan sistem 'Tech Air' dan 'D-air'. Menurut Speedweek, Sabtu (12/6/2021), produsen-produsen kecil belum mengembangkan teknologinya sendiri.

2 dari 3 halaman

Alpinestars Paling Banyak Pengguna

Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Pramac Racing

Mengingat kini FIM dan Dorna Sports telah mewajibkan seluruh pembalap Grand Prix menggunakan sistem airbag, maka beberapa produsen baju balap bekerja sama dengan Alpinestars dan Dainese untuk menggunakan produk airbag mereka, contohnya Furygan yang bekerja sama dengan Dainese.

Berikut enam produsen baju balap yang dipakai oleh 22 pembalap MotoGP 2021:

Alpinestars: Marc Marquez, Fabio Quartararo, Alex Marquez, Alex Rins, Pecco Bagnaia, Jorge Martin, dan Maverick Vinales, Enea Bastianini

Dainese: Valentino Rossi, Joan Mir, Jack Miller, Franco Morbidelli, Luca Marini, dan Pol Espargaro

IXON: Miguel Oliveira, Brad Binder, Takaaki Nakagami, dan Aleix Espargaro

Furygan: Johann Zarco

Revit!: Danilo Petrucci

Bering: Iker Lecuona

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR