BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

6 Alasan Valentino Rossi Tak Perlu Pensiun pada Akhir 2020

14-02-2020 14:15 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Dua pekan lalu, tepatnya Rabu (29/1/2020), penggemar Valentino Rossi dibuat deg-degan ketika Yamaha mengumumkan bahwa Fabio Quartararo akan menggantikan tempatnya di Monster Energy Yamaha MotoGP 2021 nanti.

Ternyata, pengumuman ini tak berarti Rossi pensiun. The Doctor bahkan masih bertekad turun setahun lagi di MotoGP, dengan syarat ia berhasil membuktikan pada dirinya sendiri bahwa masih mampu tampil kompetitif pada 7-8 seri pertama tahun ini.

Tim Bola.net pun telah merangkum enam alasan lain mengapa Rossi tak perlu buru-buru pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini. Apa saja sih, Bolaneters? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Kondisi Fisik yang Masih Bugar

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Rossi mengaku bahwa kondisi fisiknya sangat bugar jika mengingat usianya akan menginjak 41 tahun pada 16 Februari mendatang.

Ia bahkan menyatakan bahwa kondisi fisiknya jauh lebih bugar ketimbang tahun lalu dalam menyongsong MotoGP 2020. Ia mengaku telah berlatih keras selama liburan musim dingin.

2 dari 6 halaman

Masih Bisa Tampil Kompetitif

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Meski belum meraih kemenangan lagi sejak MotoGP Belanda 2017 lalu, Rossi terbukti masih sering menjalani balapan dengan performa yang kompetitif. Tahun lalu, ia mampu mengalahkan Andrea Dovizioso saat finis kedua di Argentina.

Ia juga sengit memperebutkan kemenangan dengan Alex Rins di Austin, dan sempat memimpin balapan di Australia, sebelum kembali bertarung sengit dengan Dovizioso di Malaysia meski akhirnya finis keempat.

3 dari 6 halaman

Yamaha Telah Serius Berbenah

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Sejak awal 2019, Yamaha pun telah melakukan banyak perombakan dalam struktur organisasinya, demi membenahi berbagai masalah teknis pada YZR-M1. Rossi sendiri mengaku telah merasakan kemajuan sejak pertengahan musim lalu.

Selain itu, permintaan Rossi sejak bertahun-tahun lalu, yakni penambahan tenaga mesin dan top speed pada M1, kini akhirnya benar-benar dipenuhi, yang membuat motor tersebut diprediksi bakal kembali garang tahun ini.

4 dari 6 halaman

Dapat Dukungan Terbaik dari Yamaha

Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo (c) Yamaha Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo (c) Yamaha

Rossi memang sudah resmi takkan membela tim pabrikan Yamaha musim depan, namun pabrikan Garpu Tala telah menjamin satu tempat di tim satelit untuknya jika ia memang ingin melanjutkan karier di MotoGP.

Yamaha bahkan berjanji akan memberinya kontrak pabrikan, sekaligus dukungan teknis yang setara dengan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, dan motor YZR-M1 beserta perangkat terbaru untuknya pada 2021.

5 dari 6 halaman

Petronas Yamaha SRT Bukan Tim Buruk

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Jika benar-benar membela tim satelit pada 2021, Rossi sendiri sudah mengakui dirinya akan berada di tangan yang tepat. Petronas Yamaha SRT memang baru dibentuk pada awal 2019, namun kinerjanya sudah begitu rapi karena diisi oleh orang-orang berpengalaman.

Selain itu, dukungan perangkat antara Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha SRT selama ini terbukti tak terlalu berbeda, hingga Rossi tak perlu cemas kekurangan apa pun jika masih berkompetisi tahun depan.

6 dari 6 halaman

Bisa Setim dengan Murid Sendiri atau Sang Adik

Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Luca Marini (c) VR46 Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Luca Marini (c) VR46

Jika membela Petronas Yamaha SRT tahun depan, maka Rossi juga berpeluang besar bertandem dengan anak didiknya sendiri di VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli, yang sudah lebih dulu membela tim tersebut pada awal 2019.

Rossi bahkan juga bisa bertandem dengan adiknya sendiri yang saat ini masih turun di Moto2, Luca Marini. Pasalnya, Petronas Yamaha SRT juga telah santer dikabarkan tertarik menggaet rider berusia 22 tahun tersebut sejak pertengahan musim lalu.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland