BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Rider Bersaudara yang Sukses Memenangi Balapan di Ajang Grand Prix

30-09-2020 09:51 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Brad Binder (c) Yamaha, HRC, KTM/Polarity Photo Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Brad Binder (c) Yamaha, HRC, KTM/Polarity Photo

Bola.net - Dengan kemenangan perdana Darryn Binder di Moto3 Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, pada Minggu (27/9/2020) lalu, maka resmi sudah Binder Bersaudara menjadi kakak-adik kelima sepanjang sejarah yang mampu meraih kemenangan di ajang Grand Prix.

'Daz' menjalani debut Grand Prix pada 2015, dan terbukti sangat bertalenta serta cepat. Namun, konsistensinya dipertanyakan karena ia kerap kecelakaan. Musim ini, ia menunjukkan potensi tinggi, berkali-kali mengancam persaingan papan atas dalam balapan-balapan Moto3 yang superketat. Sayangnya, ia tiga kali gagal finis.

Namun, ia diyakini cepat atau lambat bakal memenangi balapan tahun ini. Hal itu pun ia buktikan di Catalunya, usai start dari posisi 9. Sudah muak gagal finis beruntun di San Marino dan Emilia Romagna, ia berkendara jauh lebih tenang dan tak gegabah. Ujungnya pun berhasil kemenangan.

Usai finis, Darryn pun disambut oleh sang kakak, Brad Binder, yang merupakan juara dunia Moto3 2016 dan rider Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP. Keduanya pun kini menjadi kakak-adik kelima yang mampu meraih kemenangan di Grand Prix. Siapa saja yang lain? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Christian Sarron - Dominique Sarron

Dominique dan Christian Sarron (c) Paddock GP Dominique dan Christian Sarron (c) Paddock GP

Christian, yang empat tahun lebih muda dari Dominique, lebih dulu meraih kemenangan di ajang Grand Prix dalam balapan GP250 Jerman Barat pada 1977. Mereka pun menjadi kakak-adik pertama yang mampu meraih kemenangan di ajang ini setelah Dominique memenangi GP250 Inggris pada 1986.

2 dari 6 halaman

Nobuatsu Aoki - Haruchika Aoki

Haruchika, Nobuatsu dan Takuma Aoki (c) Paddock GP Haruchika, Nobuatsu dan Takuma Aoki (c) Paddock GP

Nobuatsu merupakan yang tertua dari Aoki Bersaudara, dan ia lebih dulu meraih kemenangan di GP250 Malaysia pada 1993. Sang adik, Haruchika, akhirnya menyusul dengan kemenangan perdananya di GP125 Australia pada 1995, menuju gelar dunianya yang pertama.

3 dari 6 halaman

Marc Marquez - Alex Marquez

Marc Marquez dan Alex Marquez (c) HRC Marc Marquez dan Alex Marquez (c) HRC

Lebih tua empat tahun dan lebih dulu turun di ajang Grand Prix, Marc meraih kemenangan perdananya di GP125 Italia pada 2010, menuju gelar dunianya yang pertama. Alex pun menyusul ikut turun di Grand Prix pada 2012, dan akhirnya sukses meraih kemenangan perdana di Moto3 Jepang pada 2013.

4 dari 6 halaman

Valentino Rossi - Luca Marini

Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Yamaha/VR46 Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Yamaha/VR46

Rossi dan Marini, boleh jadi beda ayah, namun ini tak mengesampingkan fakta bahwa keduanya memang kakak-adik. Rossi, yang 18 tahun lebih tua dari Marini, menjalani debut Grand Prix di kelas GP125 pada 1996 dan meraih kemenangan perdana di Ceko. Marini pun menyusul meraih kemenangan perdananya di Moto2 Malaysia pada 2018.

5 dari 6 halaman

Brad Binder - Darryn Binder

Brad Binder dan Darryn Binder (c) KTM/Polarity Photo, AP Photo Brad Binder dan Darryn Binder (c) KTM/Polarity Photo, AP Photo

Brad, yang lebih tua tiga tahun, sukses meraih kemenangan perdananya di Moto3 2016 di Sirkuit Jerez, Spanyol, usai start dari posisi 35 alias terbuncit. Usai penantian lama, sang adik, yakni Darryn akhirnya bisa menyusul meraih kemenangan perdana di Moto3 Catalunya, Spanyol pada 2020.

6 dari 6 halaman

Video: Maverick Vinales Menangi MotoGP Emilia Romagna 2020

KOMENTAR