BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

4 Rider MotoGP yang Sukses Menang pada Musim Debut

14-08-2020 08:26 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, sukses menggebrak paddock MotoGP dengan kemenangan mengejutkan di MotoGP Brno, Ceko, pada Minggu (9/8/2020). Kemenangan ini tak terduga karena KTM masih dalam tahap pengembangan.

Tak hanya itu, Binder juga masih berstatus debutan, dan MotoGP Ceko hanyalah balapan ketiganya di kelas tertinggi. Meski begitu, Binder bukanlah pembalap pertama yang sukses meraih kemenangan perdana pada musim debutnya di MotoGP.

Sejak MotoGP digulirkan pada 2002 sebagai pengganti kelas GP500, hanya terdapat empat pembalap yang merebut kemenangan dengan status debutan. Siapa saja sih mereka? Simak ulasannya berikut ini ya, Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Dani Pedrosa

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Usai sukses rebut gelar dunia GP125 2003, serta GP250 2004 dan 2005, Dani Pedrosa digaet oleh Repsol Honda untuk diturunkan di MotoGP dan ditandemkan dengan Nicky Hayden pada 2006.

Ia pun menjalani debutnya MotoGP Spanyol yang digelar di Jerez, dan langsung finis kedua. Saat tiba di Shanghai Park, China, untuk seri keempat, Pedrosa yang start dari pole, berhasil merebut kemenangan di depan Hayden dan Colin Edwards.

2 dari 5 halaman

Jorge Lorenzo

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Jorge Lorenzo digaet oleh Fiat Yamaha untuk diturunkan di MotoGP 2008 sebagai tandem Valentino Rossi usai berhasil merebut gelar dunia GP250 2006 dan 2007. Memulai debutnya di kelas tertinggi, Lorenzo langsung naik podium di tiga seri pertama.

Usai finis kedua di Qatar dan ketiga di Jerez, Lorenzo sukses merebut pole di Estoril, Portugal, dan merebut kemenangan dengan mengalahkan Pedrosa dan Rossi.

3 dari 5 halaman

Marc Marquez

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Marc Marquez diketahui digaet oleh Repsol Honda pada 2013 usai sukses merebut gelar dunia GP125 2010 dan Moto2 2012. Kekuatan Marquez telah terprediksi sejak awal, dan ia membuktikannya lewat podium usai finis ketiga di Qatar.

Setelahnya, Marquez dan seluruh pembalap bertolak ke Circuit of The Americas, Austin, Texas, yang untuk pertama kalinya menggelar MotoGP. Dikenal menyukai trek dengan banyak tikungan kiri, Marquez pun meraih pole, dan merebut kemenangan atas Pedrosa dan Lorenzo.

4 dari 5 halaman

Brad Binder

Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Brad Binder diturunkan di Red Bull KTM Factory Racing berdasarkan prestasi menterengnya bersama pabrikan asal Austria itu sejak di Moto3, di mana ia menjadi juara dunia pada 2016 dan Moto2 di mana ia kerap menang dan menjadi runner up pada 2019.

Start dari posisi ketujuh, Binder secara perlahan menyalip semua rivalnya dengan mengendarai motor RC16 yang masih dalam tahap pengembangan. Ia pun menang atas Franco Morbidelli dengan margin yang cukup lebar, 5,3 detik.

5 dari 5 halaman

Video: MotoGP 2020 Takkan Mampir Negara Non-Eropa

KOMENTAR