30 Tahun Penantian Honda: Fakta Menarik di Balik Sukses Max Verstappen Juarai Formula 1 2021

Anindhya Danartikanya | 13 Desember 2021, 08:50
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, sukses merebut gelar dunia Formula 1 2021 usai memenangi balapan di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (12/12/2021), mengalahkan tujuh kali juara dunia, Lewis Hamilton, tepat di lap terakhir.

Verstappen yang start dari pole, langsung tersalip oleh Hamilton di trek lurus selepas start. Keduanya lalu bersenggolan di Tikungan 7. Hamilton melebar dan memotong tikungan, namun tak mendapatkan hukuman meski diminta FIA Stewards mengurangi keunggulan margin dari Verstappen.

Pada Lap 53, Hamilton masih memimpin dan punya margin sekitar 11,5 detik atas Verstappen. Namun, Nicholas Latifi menghantam dinding pembatas dan mengundang Safety Car. Red Bull pun meminta Verstappen melakukan pit stop pada Lap 54 untuk mengganti ban keras ke lunak. Pada Lap 57, Hamilton dan Verstappen bersisian.

Safety Car lalu masuk ke pit dan bendera hijau dikibarkan pada awal Lap 58. Verstappen lalu menyalip Hamilton dan mengambil alih pimpinan balap di Tikungan 5. Mereka nyaris bersenggolan di trek lurus, namun Verstappen mampu mempertahankan posisi pertama sampai bendera finis dikibarkan. Dengan begitu, ia menjadi juara dunia.

Ada sembilan fakta menarik di balik kesuksesan Verstappen menjuarai F1 2021. Apa saja sih? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Juara Dunia Pertama Asal Belanda

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

1) Ini pertama kalinya gelar dunia F1 ditentukan di seri penutup sejak 2016. Kala itu, Nico Rosberg merebut gelar dunia, mengalahkan Lewis Hamilton yang juga merupakan tandemnya di Mercedes AMG Petronas.

2) Dalam sejarah F1, ini ada kedua kalinya juara ditentukan di seri penutup dengan kedua kandidat mengoleksi poin setara. Yang pertama terjadi pada 1974, ketika Emerson Fittipaldi dan Clay Regazzoni mengantongi 52 poin jelang GP Amerika Serikat. Fittipaldi jadi juara usai finis keempat, sementara Regazzoni finis ke-11.

3) Dengan gelar dunia ini, Max Verstappen sukses menjadi pembalap Belanda pertama yang mampu merebut gelar dunia dalam sejarah F1.

2 dari 3 halaman

Penantian Honda selama 30 Tahun

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

4) Merebut gelar dunia dalam usia 24 tahun dan 73 hari, Max Verstappen menjadi juara dunia termuda keempat dalam sejarah, di belakang Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, dan Fernando Alonso. Keempatnya akan berlaga di F1 2022.

5) Max Verstappen juga menjadi pembalap non-Mercedes pertama yang merebut gelar sejak 2013. Selain itu, ia juga menjadi pembalap Red Bull Racing pertama yang merebut gelar sejak Sebastian Vettel, juga pada 2013.

6) Ini juga merupakan gelar dunia pembalap pertama bagi Honda di F1 sejak 1991. Kala itu, mereka merebut gelar lewat Ayrton Senna yang membela McLaren Honda. Ini juga merupakan gelar dunia pembalap keenam Honda dalam sejarah F1.

3 dari 3 halaman

Red Bull Racing Honda Gagal Jadi Juara Konstruktor

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

7) Dengan juaranya Max Verstappen, maka Lewis Hamilton gagal meraih gelar dunianya yang kedelapan, membuat rekornya dan Michael Schumacher tetap setara dengan tujuh gelar dunia.

8) Sepanjang musim ini, Verstappen mengoleksi 18 podium, 10 kemenangan, 6 lap tercepat, dan 10 pole.

9) Meski Verstappen merebut gelar dunia pembalap, sayangnya Red Bull Racing Honda gagal meraih gelar dunia konstruktor. Mereka harus puas jadi runner up di belakang Mercedes, dengan ketertinggalan sebesar 28 poin.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR