BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

2 Rider MotoGP Diduga Langgar Aturan Latihan dan Tes, Quartararo Salah Satunya

02-07-2020 18:39 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - FIM Stewards Panel MotoGP akan melakukan investigasi soal kemungkinan pelanggaran aturan latihan dan uji coba yang dilakukan beberapa rider belakangan ini. FIM tak merilis nama-nama yang dicurigai bersalah, namun Fabio Quartararo dikabarkan menjadi salah satunya.

FIM menduga dua rider telah berlatih menggunakan motor dengan komponen yang terlalu mirip dengan motor-motor yang mereka gunakan di ajang Grand Prix, yang bisa membuat sesi latihan mereka dianggap sebagai uji coba tertutup ilegal.

Pada Kamis (2/7/2020), GPOne mengabarkan, terdapat dua rider dari Moto3/Moto2 dan MotoGP yang dicurigai melanggar FIM Grand Prix Regulations tersebut. Di lain sisi, Motorsport.com mengabarkan bahwa Quartararo merupakan salah satunya.

Menurut FIM, kedua ini diduga melanggar keputusan Grand Prix Commission (GPC) pada 27 Mei 2020, yang menyatakan peserta Moto3 dan Moto2 dilarang menggelar uji coba tertutup dengan motor Grand Prix di sisa musim 2020 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

1 dari 3 halaman

Melanggar FIM Grand Prix Regulations

View this post on Instagram

🎢🤪

A post shared by Fabio Quartararo 🇫🇷 (@fabioquartararo20) on

Aturan ini juga berlaku di kelas MotoGP, kecuali bagi pebalap yang bernaung di bawah pabrikan berkonsesi seperti Aprilia dan KTM, yang telah melakoni uji coba tertutup di Misano, Italia, pada 10-11 dan 23-25 Juni lalu.

Restriksi latihan dan uji coba untuk semua kelas Grand Prix juga telah dijelaskan pada Pasal 1.15.1 pada FIM Grand Prix Regulations, termasuk detail mesin yang boleh dipakai pebalap untuk berlatih dan familiarisasi trek.

Sidang bagi para pebalap yang diduga melanggar aturan ini akan digelar di sela pekan balap Gran Premio Red Bull de Espana di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang.

2 dari 3 halaman

Motor Superbike Quartararo Jadi Sorotan

Quartararo, yang saat ini membela Petronas Yamaha SRT, menjadi sorotan setelah ia berlatih di atas motor superbike YZF-R1 yang disediakan Techsolutions di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, pada 18-19 Juni.

Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli mengendarai motor yang sama untuk latihan di Jerez, Misano, dan Mugello belakangan ini. Namun, R1 yang dipakai Quartararo dicurigai memakai berbagai komponen balap yang dilarang oleh regulasi FIM untuk latihan.

Menurut Motorsport.com, hal ini dilaporkan oleh salah satu tim rival yang tak disebutkan namanya. Quartararo juga diperkirakan akan hadir dalam sidang di Jerez nanti, meski juga diprediksi takkan mendapatkan sanksi berat.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Optimistis MotoGP Dimulai Pertengahan Juli 2020

KOMENTAR