14 Anggota Kru McLaren F1 Team Dikarantina

Anindhya Danartikanya | 13 Maret 2020, 11:40
Pebalap McLaren F1 Team, Lando Norris (c) McLaren
Pebalap McLaren F1 Team, Lando Norris (c) McLaren

Bola.net - McLaren F1 Team mengonfirmasi bahwa 14 anggota kru mereka telah menjalani karantina di hotel tempat tim menginap di Melbourne, Australia, setelah satu kru lainnya dipastikan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Hal ini mereka umumkan secara resmi pada Jumat (13/3/2020).

Menurut The Race, 14 kru ini adalah orang-orang yang sempat dekat berinteraksi dengan kru yang terinfeksi, sementara sisa tim bisa kembali ke paddock untuk mengemasi barang-barang, mengingat Formula 1 GP Australia pada 13-15 Maret telah resmi dibatalkan.

McLaren juga menyatakan jika siapa pun dari 14 orang ini menunjukkan gejala, maka otomatis ia akan menjalani tes dan diisolasi sebagai langkah pencegahan. Lebih lanjut, anggota tim yang ada di Australia tak boleh mengunjungi McLaren Technology Centre di Woking, Inggris, selama 14 hari.

1 dari 2 halaman

Faktor Pembatalan F1 GP Australia 2020

Kru McLaren yang dipastikan terinfeksi virus corona merupakan faktor utama tim yang mobilnya bercorak oranye ini mengundurkan diri dari sisa pekan balap, yakni keputusan yang akhirnya disusul dengan pembatalan F1 GP Australia oleh FIA dan AGPC.

Sebelumnya, juga ada empat anggota kru Haas F1 Team yang menjalani tes virus corona setelah menunjukkan gejala serupa, namun hasilnya negatif.

Berikut pernyataan resmi McLaren mengenai 14 anggota kru yang dikarantina di Melbourne, seperti yang dikutip The Race.

2 dari 2 halaman

Pernyataan McLaren F1 Team

"McLaren mendukung penuh keputusan Formula 1, FIA, dan Australian Grand Prix Corporation untuk membatalkan gelaran ini.

"Semalam, 14 anggota tim, sebagai tambahan satu kasus yang telah terkonfirmasi, telah menjalani karantina di hotel tim selama 14 hari, di bawah pengawasan direksi otoritas kesehatan lokal. Para individu ini adalah yang menjalani kontak dekat dengan anggota tim yang telah dites positif terjangkit virus corona.

"Para individu ini juga mendapat dukungan dari personel senior tim, yang akan tetap tinggal dengan mereka dalam periode karantina. Siapa pun anggota tim yang menunjukkan gejala-gejala, akan segera menjalani tes dan isolasi diri, sesuai dengan protokol tim.

"Anggota tim yang lain telah diperbolehkan kembali ke paddock untuk mengemasi perlengkapan tim sebelum kembali ke Inggris. Setibanya di Inggris, tak ada anggota tim balap yang akan kembali ke McLaren Techonology Centre selama periode 14 hari, sebagai langkah pencegahan."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR