BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

12 Fakta Unik Jelang MotoGP Austria, Ducati Bisa Gores Rekor Baru

14-08-2020 12:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Usai menggelar tiga seri perdana di Jerez, Spanyol dan Brno, Ceko, kini seisi paddock MotoGP bertolak ke Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, yang akan menggelar Seri Austria 14-16 Agustus.

Ada banyak catatan unik yang tercipta di Brno, dan rekor-rekor baru bisa jadi tergores di Red Bull Ring nanti. Tak pelak lagi bahwa kebanyakan mata kini tengah menyorot Brad Binder yang baru saja menang bersama KTM.

Ducati juga diperkirakan punya peluang besar untuk menciptakan sejarah baru, menyaingi para kompetitornya yang lebih raksasa.

Catatan-catatan unik apa saja sih yang menarik menjelang MotoGP Austria akhir pekan ini? Simak ulasannya berikut ini ya, Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Red Bull Ring, Austria

1) Kemenangan di MotoGP Ceko, merupakan yang pertama bagi Brad Binder dan KTM di kelas tertinggi. Binder juga merupakan pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu meraih kemenangan di era MotoGP.

2) Brad Binder menjadi pembalap ketiga yang mampu memenangi balapan MotoGP setelah pernah memenangi balapan di Moto3 dan Moto2. Pembalap pertama yang melakukannya adalah Maverick Vinales (MotoGP Inggris 2016) dan disusul Alex Rins (MotoGP Austin 2019).

3) Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, finis di posisi kedua di Brno, dan ini merupakan podium perdananya di MotoGP. Ini juga podium perdana Morbidelli sejak Moto2 Valencia 2017, saat ia finis kedua.

2 dari 5 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Red Bull Ring, Austria

4) Pembalap Hublot Reale Avintia Racing, Johann Zarco, finis di posisi ketiga, dan ini merupakan podium perdananya sejak MotoGP Malaysia 2018, saat ia finis ketiga.

5) Brad Binder, Franco Morbidelli, dan Johann Zarco yang finis di posisi 1-2-3 di Brno, menandakan untuk pertama kalinya sejak MotoGP Inggris 2015 tak ada pembalap Spanyol yang menapakkan kaki di podium. Dalam balapan di Silverstone kala itu, Valentino Rossi meraih kemenangan, diikuti Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso.

6) Dengan kemenangan Fabio Quartararo di Spanyol dan Andalusia, serta Brad Binder di Brno, maka ini pertama kalinya ada dua pembalap yang meraih kemenangan perdananya di tiga balapan pertama musim balap kelas tertinggi sejak 1988 dengan Kevin Schwantz dan Kevin Magee.

3 dari 5 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Red Bull Ring, Austria

7) Dengan KTM, Yamaha, Ducati, dan Suzuki finis di posisi 1-2-3-4 di Brno, ini pertama kalinya dalam kelas tertinggi empat pabrikan berbeda masuk posisi empat besar sejak MotoGP Catalunya 2019 (Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki).

8) Alex Marquez finis ke-15 di MotoGP Ceko dengan ketertinggalan 24,597 detik di belakang sang pemenang, Brad Binder. Margin ini merupakan margin tersempit keenam sepanjang sejarah untuk posisi 15 besar di sebuah balapan kelas GP500/MotoGP.

9) Tak satu pun pembalap Honda naik podium sejauh musim ini. Ini pertama kalinya terjadi sejak Honda kembali secara penuh ke kelas tertinggi (GP500/MotoGP) pada 1982.

4 dari 5 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Red Bull Ring, Austria

10) Tak satu pun pembalap pabrikan Honda meraih setidaknya satu kemenangan dalam tiga balapan pertama musim ini. Ini pertama kalinya bagi Honda sejak 2010, yakni saat Yamaha menyapu bersih tiga seri pertama lewat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

11) Untuk tiga tahun beruntun, tak satu pun pembalap pabrikan Yamaha meraih setidaknya satu kemenangan dalam tiga balapan pertama. Terakhir kali tim pabrikan Yamaha tak meraih kemenangan di tiga balapan pertama selama tiga musim beruntun adalah pada 2001, 2002, dan 2003.

12) Sejak Red Bull Ring kembali ke MotoGP pada 2016, Ducati belum pernah terkalahkan. Jika berhasil meraih kemenangan akhir pekan ini, maka mereka akan menjadi pabrikan kelima dalam sejarah kelas tertinggi (GP500/MotoGP) yang meraih 50 kemenangan atau lebih, bersanding dengan Honda (309), Yamaha (231), MV Agusta (139), dan Suzuki (93).

5 dari 5 halaman

Video: Kegembiraan Brad Binder Usai Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR