BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

10 Musim Berlaga, Chaz Davies Resmi Umumkan Pensiun dari WorldSBK

24-09-2021 08:36 | Anindhya Danartikanya

Chaz Davies (c) Ducati
Chaz Davies (c) Ducati

Bola.net - Tiga kali runner up WorldSBK yang saat ini membela Team Go Eleven Ducati, Chaz Davies, resmi mengumumkan pensiun pada akhir musim nanti dalam usia 34 tahun. Hal ini ia umumkan lewat media sosial, begitu juga jumpa pers khusus yang digelar di Sirkuit Jerez jelang Seri Spanyol, Kamis (23/9/2021).

Davies memulai kariernya pada 1995 dan sempat turun di GP125 2002. Kala itu menjadi rider termuda dalam sejarah yang turun semusim penuh di Grand Prix. Pada 2003, ia naik ke GP250 dalam usia 16 tahun. Saat finis ke-15 di Welkom, Afrika Selatan, ia jadi rider termuda dalam sejarah yang mampu meraih poin di kelas tersebut.

Pada 2006, Davies pun beralih ke AMA Formula Xtreme dan Supersport, bahkan sempat turun di MotoGP Laguna Seca pada 2007, membela Pramac d'Antin sebagai pengganti Alex Hofmann yang cedera. Pada 2009, ia banting setir ke WorldSSP dan sukses merebut gelar dunia pada 2011, sebelum naik ke WorldSBK bersama Aprilia.

1 dari 2 halaman

Prestasi Mentereng di WorldSBK

Chaz Davies (c) Ducati
Chaz Davies (c) Ducati

Davies juga sempat membela BMW pada 2013, namun gebrakannya baru terjadi ketika pindah ke tim pabrikan Ducati pada 2014. Selama membela Tim Merah, pembalap Wales ini sukses meraih 89 podium dan 28 kemenangan, serta menjadi runner up tiga kali, yakni pada 2015, 2017, dan 2018. Ia juga menduduki peringkat ketiga dua kali, yakni pada 2016 dan 2020.

Sayang, peringkat ketiga pada 2020 tak cukup meyakinkan Ducati untuk mempertahankannya di tim pabrikan. Alhasil, ia ditransfer ke Team GoEleven tahun ini, meski kontraknya tetap terikat dengan Ducati Corse. Musim ini ia baru meraih satu podium, yakni usai finis kedua di Seri Estoril, Portugal, pada Mei lalu.

Secara total, ia sukses meraih 99 podium di WorldSBK, 32 di antaranya merupakan kemenangan. Ini tak termasuk 12 podium dan 6 kemenangan yang ia raih di WorldSSP. Saat ini, Davies tengah cedera patah tulang pada kedua rusuknya usai terjatuh di Catalunya akhir pekan lalu. Ia akan absen akhir pekan ini dan digantikan oleh Loris Baz.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Chaz Davies

"Saya umumkan bahwa saya memutuskan mengakhiri karier saya di WorldSBK. Yang saya kenal hanyalah balapan, jadi mengambil keputusan macam ini tidaklah mudah. Mundur dari kegiatan balap sepenuhnya pada level macam ini butuh keyakinan. Namun, saya merasa waktunya tepat untuk membalik halaman dan membuka bab baru, karena cepat atau lambat, semua hal baik harus berakhir.

"Meski saya mundur dari WorldSBK sepenuhnya, saya tak mau mengatakan ini sebagai 'pensiun' dan saya akan tetap aktif berlatih dan naik motor. Saya mencintai olahraga ini, dan dalam diri saya, saya merasa akan selalu jadi penggemar yang sama seperti saat masih berusia 10 tahun.

"Saya tak pernah mau didefinisikan sebagai pembalap motor. Itu adalah pekerjaan saya, sesuatu yang saya sukai, dan tempat yang saya banggakan di mana saya meraih sukses, namun itu hanya salah satu bagian dari hidup saya. Dunia ini adalah tempat yang luas, ada banyak kesempatan, dan saya akan berusaha mencari tantangan berikutnya. Apa pun itu, saya bersemangat menyambutnya!"

Sumber: Twitter/ChazDavies7

KOMENTAR