BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

10 Fakta Unik Jelang MotoGP Ceko, Quartararo-Rossi Bisa Gores Rekor Baru

05-08-2020 17:52 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo dan Valentino Rossi (c) Yamaha Fabio Quartararo dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Usai menggelar dua seri perdana di Jerez dengan tajuk MotoGP Spanyol dan Andalusia, kini seisi paddock MotoGP bertolak ke Automotodrom Brno yang akan menggelar Seri Ceko pada 7-9 Agustus nanti.

Ada banyak catatan unik yang tercipta di Jerez, dan rekor-rekor baru bisa jadi tergores di Brno nanti. Tak pelak lagi bahwa kebanyakan mata kini tengah menyorot kepada Fabio Quartararo dan Valentino Rossi.

Ducati juga diperkirakan punya peluang besar untuk menciptakan sejarah baru, menyaingi para kompetitornya yang lebih raksasa.

Catatan-catatan unik apa saja sih yang menarik menjelang MotoGP Brno, Ceko, akhir pekan ini? Simak ulasannya berikut ini ya, Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Brno, Ceko

Fabio Quartararo merupakan pembalap tim independen pertama yang sukses merebut pole dan mencatatkan lap tercepat dalam balapan, sekaligus memimpin balapan di setiap lap dan meraih kemenangan di MotoGP sejak kelas ini digulirkan pada 2002.

Takaaki Nakagami sukses finis keempat di MotoGP Andalusia, yakni hasil terbaiknya sejak turun di MotoGP pada 2018, sekaligus hasil terbaik yang diraih seorang pembalap Jepang sejak Katsuyuki Nakasuga yang finis kedua dalam MotoGP Valencia 2012 yang diguyur hujan.

2 dari 6 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Brno, Ceko

Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi sukses finis 1-2-3 di MotoGP Andalusia, menandakan pertama kalinya sejak Phillip Island, Australia, pada 2014 Yamaha menyapu bersih podium sejak kelas ini digulirkan pada 2002. Ini adalah ke-20 kalinya dalam sejarah MotoGP sebuah pabrikan menyapu bersih podium (Honda 17 kali dan Yamaha 3 kali).

Dalam balapan MotoGP Andalusia, terdapat 13 pembalap saja yang berhasil memasuki garis finis, yakni jumlah pembalap finis paling sedikit dalam sejarah MotoGP sejak Catalunya tahun lalu (juga 13 pembalap).

3 dari 6 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Brno, Ceko

Dalam balapan MotoGP Ceko nanti, yakni dalam usia 21 tahun 111 hari, Fabio Quartararo bisa menjadi pembalap termuda kedua yang meraih tiga kemenangan beruntun di kelas tertinggi di belakang Marc Marquez (20 tahun 182 hari, Sachsenring-Laguna Seca-Indianapolis 2013).

Di Brno nanti, Andrea Dovizioso akan menjalani start ke-218 di kelas tertinggi (GP500/MotoGP), menyamai rekor mendiang Nicky Hayden, di peringkat ketiga rider dengan start terbanyak, di belakang Valentino Rossi (344) dan Alex Barros (245).

4 dari 6 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Brno, Ceko

Fabio Quartararo juga berpotensi menjadi pembalap Yamaha pertama yang memenangi tiga balapan pertama dalam sebuah musim kelas tertinggi sejak Kenny Roberts sr pada 1980 dalam perjalanan merebut gelar dunia.

Jika berhasil meraih kemenangan di MotoGP Ceko, maka Ducati akan menjadi pabrikan kelima dalam sejarah kelas tertinggi (GP500/MotoGP) yang meraih 50 kemenangan, bersanding dengan Honda (309), Yamaha (231), MV Agusta (139), dan Suzuki (93).

5 dari 6 halaman

Fakta Unik Jelang MotoGP Brno, Ceko

Podium yang diraih Valentino Rossi di MotoGP Andalusia merupakan podiumnya yang ke-199 di kelas tertinggi (GP500/MotoGP). Jika sukses naik podium lagi di Brno, maka koleksinya menjadi 200, nyaris dua kali lipat dari raihan rider-rider dengan podium terbanyak di belakangnya, yakni Jorge Lorenzo (114), Dani Pedrosa (112), dan Marc Marquez (95).

Saat meraih podium di MotoGP Andalusia, Rossi berusia 41 tahun 161 hari. Ia pun menjadi pembalap berusia 41 tahun atau lebih pertama yang sukses naik podium di kelas tertinggi sejak Jack Findlay yang memenangi GP500 Austria 1997 dalam usia 42 tahun 85 hari.

6 dari 6 halaman

Video: Kembali Bergulir, MotoGP 2020 Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

KOMENTAR