BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

1 Desember, Tenggat Waktu Marc Marquez Tentukan Operasi Ketiga

25-11-2020 18:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Kemungkinan operasi ketiga pada lengan kanannya semakin nyata bagi Marc Marquez. Pada Rabu (25/11/2020), El Pais mengabarkan bahwa 1 Desember menjadi hari di mana rider Repsol Honda MotoGP itu akan memutuskan untuk menjalani operasi tersebut atau tidak.

Seperti diketahui, Marquez mengalami kecelakaan hebat dalam MotoGP Spanyol di Jerez pada 19 Juli lalu, yang menyebabkan patah tulang humerus atau tulang lengan atas kanannya. Dua hari usai insiden, Marquez pun menjalani operasi di Barcelona untuk menanamkan satu plat titanium dan 12 sekrup.

Dua hari setelah operasi, Marquez kembali ke Jerez untuk mencoba turun di MotoGP Andalusia. Namun, usai coba turun di di sesi FP3, lengannya membengkak dan memar hingga ia memutuskan mundur dan fokus mencari kans kembali di Brno, Ceko. Sayangnya, drama Marquez tak berhenti di situ.

1 dari 3 halaman

Gosipnya Sudah Beredar Sejak MotoGP San Marino

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com

Pada 3 Agustus, jelang MotoGP Ceko, Marquez secara menggemparkan harus menjalani operasi kedua usai plat titaniumnya patah akibat mencoba membuka jendela besar di rumahnya saat hendak mengajak kedua anjingnya jalan-jalan. Sejak itu, proses pemulihannya sangat rumit dan butuh waktu lama.

Marquez beberapa kali sempat dikabarkan akan kembali balapan pada beberapa seri. Namun, menjelang MotoGP Valencia pada 15 November lalu, delapan kali juara dunia ini mengumumkan takkan kembali sampai musim berakhir dan akan fokus pada pemulihan demi kembali dengan kondisi lebih bugar pada 2021.

Gosip bahwa Marquez bakal menjalani operasi ketiga ini sejatinya sudah beredar sejak September saat MotoGP menyambangi Misano. Namun, kala itu Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, membantah, walau membenarkan bahwa cedera Marquez ini sangat rumit dan butuh masa pemulihan yang sangat panjang.

2 dari 3 halaman

Sudah Konsultasi dengan Banyak Pihak

Kini, El Pais pun kembali mengabarkan bahwa operasi ketiga bukanlah sekadar gosip belaka, melainkan merupakan opsi nyata bagi Marquez. Meski begitu, kali ini Marquez lah yang harus menentukan sendiri apakah ia mau menjalani operasi tersebut. Tenggat waktunya pun dipatok pada 1 Desember nanti.

Meski terus berkonsultasi dengan Spesialis Traumatologi MotoGP dari Universitari Dexeus Barcelona, dr. Xavier Mir, Marquez juga diketahui berkonsultasi dengan beberapa spesialis ortopedi di Austria, kemungkinan besar di Red Bull Training Center di Thalgau, begitu juga dengan US Mayo Clinic, pusat rehabilitasi untuk cedera sejenis.

Jika memang harus menjalani operasi ketiga, maka pemulihan Marquez harus kembali dari nol, dan kemungkinan bakal butuh waktu sekitar enam bulan. Padahal, jika pandemi Covid-19 tak memberikan kendala lebih serius, MotoGP 2021 akan dimulai pada akhir Maret, yang berarti sekitar empat bulan dari sekarang.

Sumber: El Pais

3 dari 3 halaman

Video: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Portugal 2020

KOMENTAR