BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Percakapan Kocak Keisuke Honda dan Bek Botafogo

20-02-2020 17:12 | Dimas Ardi Prasetya

Keisuke Honda saat melakukan sesi perkenalannya di hadapan suporter Botafogo. (c) AP Photo Keisuke Honda saat melakukan sesi perkenalannya di hadapan suporter Botafogo. (c) AP Photo

Bola.net - Gelandang asal Jepang Keisuke Honda langsung dihadapkan pada situasi kocak begitu ia memulai petualangan barunya di klub Botafogo.

Keisuke Honda membuka lembaran karir baru di Brasil. Setelah menolak beberapa tawaran, termasuk dari Persija Jakarta, ia akhirnya memilih memperkuat Botafogo.

Gelandang berusia 33 tahun itu resmi teken kontrak bersama Botafogo pada 31 Januari 2020 kemarin. Ia kemudian diperkenalkan pada fans klub tersebut pada 8 Februari.

Pindah ke lingkungan baru jelas membutuhkan proses adaptasi yang bisa dikatakan tidak mudah. Ada berbagai kendala yang harus dihadapi.

1 dari 2 halaman

Kendala Bahasa

Salah satunya adalah masalah bahasa. Masalah inilah yang kemudian menciptakan situasi cukup kocak antara Keisuke Honda dengan bek andalan Botafogo, Marcelo Benevenuto.

Dalam suatu sesi latihan di gym, Marcelo sempat berusaha mengenal Honda dengan lebih baik. Bek berusia 24 tahun itu kemudian bertanya pada Honda, apa bahasa Jepangnya 'mengumpan'.

"Bagaimana kamu mengucapkan 'pass' [mengumpan] dalam bahasa Jepang?" tanyanya.

"Pass?" balas Honda untuk menegaskan pertanyaan Marcelo.

"Dalam bahasa Jepang. 'Pass'," tegas Marcelo.

Honda pun menjawab bahwa mengumpan dalam bahasa Jepang adalah 'pass'. Tapi Marcelo tidak menyadarinya. "Tidak, tidak, tidak, [maksud saya] dalam bahasa Jepang."

Sang penerjemah berusaha ikut membantu menjelaskan pada Honda. "Pass dalam bahasa Jepang." Marcelo kemudian berusaha menunjukkan maksudnya dengan menggunakan isyarat dengan menggerakkan kakinya, seakan-akan mengoper bola.

Honda sempat terdiam. Ia kemudian kembali menjawab: "Pass". Sang penerjemah berusaha mencerna jawaban Honda, sebelum akhirnya tersadar bahwa dalam bahasa Jepang, bahasa yang digunakan tetap sama yakni 'pass'.

Marcelo akhirnya juga tersadar: "Oh jadi sama ya, 'pass' dalam bahasa Jepang. Begitu ya? Aah saya paham," ujarnya sembari mengacungkan jempol. Keisuke Honda sendiri membalasnya dengan tersenyum sembari berlalu.

2 dari 2 halaman

Video

Simak video percakapan antara Marcelo dengan Keisuke Honda itu berikut ini,s eperti diunggah oleh akun @TheFutbolPage.

Sebelum memperkuat Botafogo, Keisuke Honda sendiri sebelumnya sempat berpetualang di Eropa. Ia pernah membela CSKA Moscow, AC Milan, dan Vitesse Arnhem. Eks pemain Timnas Jepang ini juga menyandang status sebagai menjadi manajer timnas Kamboja sejak 12 Agustus 2018.

(Twitter/the futbol page)

KOMENTAR