BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengerikan, Inilah 10 Kecelakaan Terhebat di MotoGP 2020

23-12-2020 11:11 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP

Bola.net - Sudahkah Anda tahu bahwa ada 722 kecelakaan terjadi sepanjang musim Grand Prix 2020? Menurut laporan yang dirilis oleh Dorna Sports pada November lalu, tercatat ada 180 kecelakaan terjadi di kelas MotoGP, 292 di Moto2, dan 250 di Moto3. Ini belum termasuk kecelakaan yang terjadi di MotoE.

Pembalap Onexoxo TKKR SAG Team Moto2, Kasma Daniel, menjadi rider dengan kecelakaan terbanyak, yakni dengan 20 insiden. Johann Zarco dan Gabriel Rodrigo pun masing-masing memuncaki 'klasemen' kecelakaan MotoGP dan Moto3 dengan 15 dan 18 insiden.

Dari beratus-ratus kecelakaan yang direkam oleh Dorna Sports, Tim Bola.net pun merangkum 10 kecelakaan terhebat di MotoGP 2020 yang bikin penggemar merasa ngeri. Simak yang satu ini ya, Bolaneters!

1 dari 11 halaman

Marc Marquez - MotoGP Spanyol

Kecelakaan hebat yang dialami Marc Marquez ini terjadi di Tikungan 3 Sirkuit Jerez. Saat terjatuh, ban depan motor Honda RC213V miliknya membentur lengan atas kanan sang delapan kali juara dunia, dan tulang humerusnya pun patah. Akibat cedera ini, Marquez pun harus absen sepanjang musim.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

2 dari 11 halaman

Kasma Daniel - Moto2 Aragon

Kecelakaan hebat yang dialami Kasma Daniel ini terjadi dalam sesi latihan bebas kedua (FP2) Moto2 Aragon, Spanyol. Beruntung, rider asal Malaysia ini bebas dari cedera serius. Namun, motor Kalex-nya hancur lebur.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

3 dari 11 halaman

Enea Bastianini dan Hafizh Syahrin - Moto2 Austria

Dalam balapan Moto2 Austria, Enea Bastianini tahu-tahu mengalami kecelakaan ketika melaju di tanjakan Red Bull Ring sekeluarnya dari Tikungan 1. Tubuh Bastianini terlempar keluar dari garis balap, namun motor Kalex-nya tidak. Hafizh Syahrin yang melaju dari belakang pun tak melihatnya, dan kemudian menghantam motor Bastianini.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

4 dari 11 halaman

Ryusei Yamanaka dan Sergio Garcia - Moto3 Eropa

Dalam sesi FP2, duet Estrella Galicia, Ryusei Yamanaka dan Sergio Garcia, sempat berduel di lintasan. Sayangnya, pada suatu momen di tikungan pertama Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Yamanaka melakukan kesalahan dalam pengereman dan menabrak Garcia yang ada di depan. Garcia mampu bertahan di atas motor, namun Yamanaka terjatuh keras dan berguling-guling di atas gravel.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

5 dari 11 halaman

Maverick Vinales - MotoGP Styria

Maverick Vinales menjadi rider paling terdampak oleh masalah rem motor Yamaha di MotoGP Styria. Masalah pun makin nyata saat balapan berlangsung. Saat sadar remnya blong, Vinales segera menjatuhkan diri di Tikungan 1 agar tubuhnya tak ikut menabrak dinding pembatas. Insiden ini pun sempat menghadirkan bendera merah.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

6 dari 11 halaman

Brad Binder dan Jack Miller - MotoGP Teruel

Meski sukses memenangi MotoGP Ceko, Brad Binder sadar betul potensinya belum terasah sepanjang 2020, terlihat dari sejumlah kecelakaan yang ia alami. Salah satunya pada lap pembuka MotoGP Teruel di Tikungan 2. Sialnya, ia menyenggol kawan baiknya, Jack Miller. Keduanya terjatuh keras di aspal dan berguling di area gravel. Setelah bangkit, keduanya pun bersikap sportif dan berangkulan usai Binder meminta maaf kepada Miller.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

7 dari 11 halaman

Luca Marini - Moto2 Prancis

Sebagai pimpinan klasemen sementara Moto2 dan pemenang Seri Catalunya, Luca Marini punya ekspektasi tinggi setibanya di Sirkuit Le Mans. Ia pun difavoritkan jadi pemenang. Sayangnya, Marini justru mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 5 pada sesi FP2. Tubuhnya terbang tinggi dan terjatuh keras di aspal, menyebabkan memar pada kaki kanannya. Sejak itu, performa Marini menurun sampai akhir musim, dan hanya meraih satu podium, yakni di Portimao.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

8 dari 11 halaman

Alex Marquez - MotoGP Valencia

Alex Marquez memang mengalami beberapa kecelakaan tahun ini, namun tak ada yang separah kecelakaannya dalam sesi kualifikasi MotoGP Valencia. Adik Marc Marquez ini mengalami highside di Tikungan 11 saat tengah membuntuti Andrea Dovizioso. Ia tampak mengalami kesakitan pada punggung bawah, namun beberapa menit kemudian ia kembali ke garasi dan kembali berkendara dengan motor keduanya. Aksinya ini pun mendapatkan acungan jempol dari penggemar balap.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

9 dari 11 halaman

Aron Canet - Moto2 Portugal

Aron Canet diketahui mengalami kecelakaan hebat tepat di atas bukit di antara Tikungan 8 dan 9 Sirkuit Portimao dalam sesi kualifikasi Moto2 Portugal. Kecelakaan tersebut cukup mengerikan karena Canet meluncur di bagian trek yang menurun curam, dan banyak pembalap dari belakangnya melaju dengan kecepatan tinggi. Beruntung, Canet cepat tanggap dan segera berguling ke tepi trek demi menghindari tabrakan.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

10 dari 11 halaman

Johann Zarco dan Franco Morbidelli - MotoGP Austria

Tak sampai dua jam setelah kecelakaan Bastianini dan Syahrin di Moto2, penggemar balap dibikin merinding lagi oleh insiden Johann Zarco dan Franco Morbidelli yang bersenggolan di Tikungan 2 Red Bull Ring dalam MotoGP Austria. Keduanya terjatuh keras, dan motor mereka juga terguling-guling sampai hancur lebur. Yang paling menakutkan, kedua motor mereka melesat dengan kecepatan tinggi melewati Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang tengah berusaha membelok di Tikungan 3. Beruntung, keempat rider ini lolos dari maut.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP (@motogp)

11 dari 11 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR