Himbauan SCM Tentang Aturan Nobar Piala Dunia 2022 dan Premier League

Anindhya Danartikanya | 24 Juni 2022, 13:45

Bola.net - Grup Media SCM (Surya Citra Media) sebagai pemegang lisensi eksklusif Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022-2025 menggandeng Bareskrim Polri serta Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Ketiganya bekerja sama untuk mensosialisasikan penindakan terkait potensi pelanggaran hak cipta atas konten pertandingan di Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022-2025.

Grup SCM juga menunjuk anak perusahaan PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG) selaku mitra resmi terkait pengelolaan hak penyelenggaraan kegiatan nonton bareng (nobar).

SCM mengingatkan bahwa nobar Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris 2022-2025 yang bersifat komersial dan non-komersial harus mendapatkan izin tertulis dan resmi dari pihaknya.

“Kita melakukan sosialisasi, kita menggandeng dengan pihak Kemenkumham kemudian Bareskrim untuk mensosialisasikan terkait gelaran ini. Karena gelaran ini dimungkinkan ada potensi pelanggaran terhadap rights dan hak penyiaran. Kita minta partisipasi masyarakat secara luas untuk menghormati dan menghargai rights yang diperoleh SCM Grup.” Ujar Direktur SCM, Komjen. Pol. (P) Drs. Imam Sudjarwo, M.Si.

Selain itu, dirinya juga mengimbau bagi para pihak yang ingin melakukan kegiatan nonton bareng (nobar) untuk terlebih dahulu izin kepada SCM.

“Kita tidak melarang mereka untuk nonton bareng. Tapi prinsipnya mereka harus izin ke kita, izin ke SCM atau ke IEG yang diberikan kewenangan oleh SCM sebagai perpanjang tangan untuk bisa bermitra.” Ujarnya.

Vidio, sebagai platform Over-The-Top (OTT) nomor satu di Indonesia, berdasarkan Monthly Active Users dan Minute Stream menurut laporan Media Partner Asia Qi 2022, akan menayangkan seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris selama tiga musim ke depan.

Pertandingan Liga Inggris juga dapat dinikmati di berbagai platform milik Grup SCM lainnya mulai dari free-to-air TV, SCTV dan O Channel, serta di operator pay TV Nex Parabola, dan Champions TV.

Sementara itu untuk Piala Dunia 2022, di free-to-air TV, SCTV akan menayangkan mulai dari babak penyisihan hingga final. Indosiar akan menayangkan mulai dari babak perempat final hingga final, sedangkan O Channel dan Mentari TV akan bergantian menyiarkan pertandingan secara bersama dengan SCTV untuk pertandingan di babak penyisihan. Di Platform DTH, pemirsa dapat menikmati pertandingan melalui Nex Parabola.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR