BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Galeri: Momen Haru Perpisahan Jorge Lorenzo dari MotoGP

18-11-2019 10:20 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, resmi meninggalkan MotoGP usai finis ke-13 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Minggu (17/11/2019).

Lorenzo mengumumkan keputusan pensiunnya pada Kamis (14/11/2019), yakni keputusan yang ia ambil usai mengalami cedera punggung berkepanjangan sejak pertengahan musim.

Paddock MotoGP pun haru biru menjadi bagian momen perpisahan Lorenzo ini, baik penggemar maupun orang-orang yang pernah bekerja dengan Lorenzo.

Berikut galeri momen-momen perpisahan Jorge Lorenzo dari MotoGP.

1 dari 8 halaman

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC

Dalam balapan ini, Lorenzo start dari posisi 16, dan kemudian finis di posisi 13, yakni hasil finis terbaiknya sejak mengalami kecelakaan di Catalunya dan Assen, yang mengakibatkan keretakan pada tulang belakangnya.

2 dari 8 halaman

Jorge Lorenzo dan Tito Rabat (c) HRC Jorge Lorenzo dan Tito Rabat (c) HRC

Saat start, ia mengaku sempat terbebani, karena ingin menghindari senggolan dengan rider lain dan tak mau kecelakaan dalam balapan terakhirnya. Ia pun sempat bertarung sengit dengan Tito Rabat.

3 dari 8 halaman

Jorge Lorenzo menancapkan bendera Lorenzo's Land (c) HRC Jorge Lorenzo menancapkan bendera Lorenzo's Land (c) HRC

Usai finis, ia pun berhenti di salah satu tikungan untuk menancapkan bendera 'Lorenzo's Land' di area gravel, bendera yang biasanya ia tancapkan ketika sukses meraih kemenangan.

4 dari 8 halaman

Jorge Lorenzo menyapa 'The Spartans' (c) HRC Jorge Lorenzo menyapa 'The Spartans' (c) HRC

Setelahnya, ia pun menghampiri tribun di mana para penggemar dan anggota fanclub-nya berada. Ia pun melambaikan tangan kepada mereka sebagai tanda terima kasih atas dukungan mereka selama ia berkarier di Grand Prix sejak 2002.

5 dari 8 halaman

Jorge Lorenzo dan Gigi Dall'Igna (c) MotoGP Jorge Lorenzo dan Gigi Dall'Igna (c) MotoGP

Sekembalinya ke pitlane, ternyata sudah ada begitu banyak orang yang menantinya. Termasuk General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna. Bersama-sama, mereka pernah meraih gelar dunia GP250 2006 dan 2007, dan juga bekerja sama di Ducati pada 2017-2018.

6 dari 8 halaman

Setelahnya, Lorenzo pun menuju teras garasi Repsol Honda, melakukan tire burnout sebagai selebrasi kariernya yang gemilang. Ia pun mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penggemar, awak media, dan para anggota timnya.

7 dari 8 halaman

Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Repsol Honda (c) HRC Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Repsol Honda (c) HRC

Meski hanya mengoleksi 28 di sepanjang musim ini, raihan poin Lorenzo cukup berarti bagi Repsol Honda, yang sukses mengunci gelar dunia tim musim ini. Dengan gelar ini, ditambah gelar dunia konstruktor, Honda sukses meraih gelar Triple Crown.

8 dari 8 halaman

Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Repsol Honda (c) HRC Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Repsol Honda (c) HRC

Sang tandem, Marc Marquez, pun mengaku mendedikasikan Triple Crown ini untuk Lorenzo, yang mengakhiri karier dengan 152 podium, 68 kemenangan, 69 pole, dua gelar dunia GP250, dan tiga gelar dunia MotoGP.

KOMENTAR

Pesta Gol, Bayern Munchen Gunduli Crvena Zvezda 6-0