BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Galeri Foto: Momen Perpisahan Valentino Rossi dan Monster Energy Yamaha

23-11-2020 12:57 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Mark Elder (c) Yamaha Valentino Rossi dan Mark Elder (c) Yamaha

Bola.net - MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu (22/11/2020) jadi penanda bahwa berakhir sudah masa tugas Valentino Rossi di Yamaha Factory Racing, yang saat ini bernama Monster Energy Yamaha. Tahun depan, ia masih akan membela Yamaha, namun lewat tim satelit Petronas Yamaha SRT.

Sejak Januari lalu, tempat Rossi memang sudah dipastikan akan diambil alih Fabio Quartararo. Usai negosiasi panjang, akhirnya Rossi dan SRT mencapai kesepakatan untuk bekerja sama pada 2021. Meski akan membela tim satelit, Rossi akan tetap terikat kontrak pabrikan langsung dari Yamaha dan akan dapat paket motor YZR-M1 terbaru.

Portimao pun menjadi saksi betapa harunya perpisahan antara Rossi dengan tim yang telah ia bela selama 15 tahun ini. Pesta perpisahan bahkan sudah digelar pada Kamis (19/11/2020), dan dilanjutkan usai balap pada hari Minggu.

Berikut galeri foto momen-momen perpisahan Valentino Rossi dan Monster Energy Yamaha yang dirilis oleh Yamaha.

1 dari 9 halaman

Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Monster Energy Yamaha (c) Yamaha Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Monster Energy Yamaha (c) Yamaha

Rossi memutuskan pindah ke Yamaha saat pada masa keemasan dengan Repsol Honda. Keputusannya dianggap 'gila' dan performanya diremehkan banyak pihak, karena kala itu Yamaha puasa gelar sejak GP500 1992 bersama Wayne Rainey.

2 dari 9 halaman

Valentino Rossi dan Monster Energy Yamaha (c) Yamaha Valentino Rossi dan Monster Energy Yamaha (c) Yamaha

Nyatanya, Rossi langsung memenangi balapan pertama di Welkom, Afrika Selatan, di MotoGP 2004. Ia bahkan mengakhiri musim itu sebagai juara dunia, mengakhiri paceklik gelar Yamaha di kelas para raja.

3 dari 9 halaman

Valentino Rossi digendong oleh salah satu anggota tim. (c) Yamaha Valentino Rossi digendong oleh salah satu anggota tim. (c) Yamaha

Meski sempat hengkang ke Ducati Team pada 2011 dan 2012, Rossi kembali ke Yamaha pada 2013. Bersama tim pabrikan Garpu Tala, ia pun mengoleksi empat gelar dunia, 142 podium, dan 56 kemenangan.

4 dari 9 halaman

Valentino Rossi dan Lin Jarvis (c) Yamaha Valentino Rossi dan Lin Jarvis (c) Yamaha

Rossi pun mengaku merasa emosional harus meninggalkan tim ini, yang ia akui sebagai bagian penting tak hanya dalam karier balapnya, melainkan juga hidupnya.

5 dari 9 halaman

Valentino Rossi, Alex Briggs, Brent Stephens, dan Bernard Ansiau (c) Yamaha Valentino Rossi, Alex Briggs, Brent Stephens, dan Bernard Ansiau (c) Yamaha

Rossi pun sedih karena ia juga harus berpisah dengan para mekanik yang setia, seperti Alex Briggs, Bernard Ansiau, dan Brent Stephens. Briggs dan Ansiau sudah jadi mekaniknya sejak 2000, sementara Stephens bergabung pada 2004.

6 dari 9 halaman

Javier Ullate, Maverick Vinales, Alex Briggs, Valentino Rossi, Brent Stephens, Matteo Flamigni, Idalio Gavira, dan David Munoz (c) Yamaha Javier Ullate, Maverick Vinales, Alex Briggs, Valentino Rossi, Brent Stephens, Matteo Flamigni, Idalio Gavira, dan David Munoz (c) Yamaha

Briggs sendiri mengaku akan vakum sepanjang 2021 dan kembali ke Australia, walau tak menutup kemungkinan bakal kembali ke MotoGP pada 2022. Hal yang sama juga dinyatakan Brent Stephens yang berasal dari Selandia Baru. Sementara itu, Ansiau, bersama Mark Elder, dikabarkan bakal jadi mekanik Quartararo.

7 dari 9 halaman

Kru Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha (c) Yamaha Kru Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha (c) Yamaha

Sepanjang kariernya di Grand Prix, Rossi pernah membela Aprilia Racing, Nastro Azzurro Honda, Repsol Honda, Yamaha Factory Team, dan Ducati Team. Ia menyatakan bahwa tim pabrikan Yamaha lah yang paling penting dalam hidupnya.

8 dari 9 halaman

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Pindah ke Petronas Yamaha SRT tahun depan, Rossi pun akan bertandem dengan anak didiknya sendiri di VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli. Ia juga akan membawa sang crew chief, David Munoz; sang teknisi data, Matteo Flamigni, dan sang pelatih, Idalio Gavira.

Sumber: Monster Energy Yamaha

9 dari 9 halaman

KOMENTAR