BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Galeri Foto: Air Mata Lionel Messi dan Salam Perpisahan untuk Barcelona

08-08-2021 19:25 | Afdholud Dzikry

Lionel Messi terlihat mengusap matanya menggunakan tisu ketika konferensi pers perpisahannya dengan Barcelona, Minggu (8/8/21) petang. (c) AP Photo
Lionel Messi terlihat mengusap matanya menggunakan tisu ketika konferensi pers perpisahannya dengan Barcelona, Minggu (8/8/21) petang. (c) AP Photo

Bola.net - Air mata itu tak terbendung. Salam perpisahan terucap. Lionel Messi meninggalkan Barcelona, klub yang membesarkan namanya, yang sangat dicintainya.

Bertempat di markas Barcelona, Camp Nou, Minggu (8/8/2021) petang, Lionel Messi menggelar konferensi pers. Tak sekadar konferensi pers, pertemuan itu juga sekaligus perpisahan antara Messi dengan Barcelona.

Dihadiri manajemen klub, termasuk Presiden Barcelona, Joan Laporta, para pemain Blaugrana juga turut hadir dalam konferensi pers itu. Pertemuan ini juga yang pertama setelah sebelumnya heboh bahwa Barcelona tak bisa memperpanjang kontrak Messi karena aturan dari liga.

"Saya sangat berterima kasih kepada siapapun di klub ini, dari hari pertama saya datang sampai saat ini," ujar Messi dengan kepala tertunduk dan air matanya tumpah.

"Saya memberikan segalanya untuk klub ini dari hari pertama saya tiba hingga terakhir. Saya tidak pernah membayangkan harus mengucapkan selamat tinggal karena saya tidak memikirkannya," tuturnya.

Dalam salam perpisahannya itu, mata Lionel Messi terus berkaca-kaca. Bahkan beberapa kali megabintang Argentina tersebut menyeka matanya dengan tisu.

Berikut beberapa momen tangis perpisahan Lionel Messi dengan Barcelona.

1 dari 10 halaman

Setelah pada musim panas lalu sempat santer dikabarkan dekat dengan pintu keluar Camp Nou, pada musim panas 2021 Lionel Messi akhirnya resmi berpisah dengan Barcelona. Pihak klub pada Jumat (6/8/2021) lalu memastikan bahwa perpanjangan kontrak Messi disepakati, namun tidak bisa dilanjutkan karena aturan dari La Liga soal finansial klub.

2 dari 10 halaman

Lionel Messi (c) AP PhotoLionel Messi (c) AP Photo

Terpilihnya Joan Laporta sebagai presiden Barcelona pada Maret 2021 lalu membuat Messi memutuskan untuk bertahan setelah pada musim panas 2020 nyaris pergi. Namun situasi tak mendukung keinginan tersebut.

3 dari 10 halaman

Meskipun nyaris pergi pada musim lalu, namun Messi berhasil membawa Barcelona memenangi Copa del Rey 2020-2021. Messi pun diyakini akan bertahan. Apalagi hubungannya dengan presiden baru, Joan Laporta membaik.

4 dari 10 halaman

Masalah datang ketika kesepakatan antara Messi dan Barca telah terjalin. Pihak La Liga membuat aturan baru terkait ambang batas gaji pemain akibat pandemi. Situasi itu membuat Barca tidak bisa memperpanjang kontrak Messi dan harus merelakannya pergi.

5 dari 10 halaman

Dengan aturan baru soal gaji pemain itu, Barcelona harus melakukan pemangkasan gaji yang cukup besar. Kondisi itu semakin diperparah dengan krisis finansial klub yang cukup parah.

6 dari 10 halaman

Sebelum pandemi terjadi, Barcelona merupakan klub dengan pengeluaran terbesar untuk gaji di La Liga, yakni sebesar 671.43 juta euro. Musim lalu, batas anggaran gaji Barcelona adalah 382.717 juta euro. Selisih yang cukup besar dan itu membuat Blaugrana berada dalam krisis finansial yang cukup parah.

7 dari 10 halaman

Demi bertahan di Barcelona, Messi kabarnya sudah mau menerima pemangkasan gaji untuk kontrak baru hingga 50%. Namun angka gaji Messi masih terlalu besar dan membebani finansial klub karena adanya peraturan baru dari La Liga itu. Messi dan Barcelona pun harus terpaksa berpisah musim panas ini demi menyehatkan kembali kondisi finansial klub.

8 dari 10 halaman

"Yang jelas saya melakukan segala yang mungkin, dan mereka (Barca) tidak bisa melakukannya karena La Liga," ujar Messi dalam perpisahannya di Camp Nou.

9 dari 10 halaman

Hadir dengan balutan jas yang rapi, Messi mengucapkan salam perpisahannya kepada klub yang sangat dicintainya. Namun sayang, Messi tak bisa mendapatkan perpisahan seperti yang ia mau karena tidak bisa mengucapkan perpisahan langsung kepada fans Barcelona karena situasi pandemi.

10 dari 10 halaman

"Saya membayangkan Camp Nou penuh dan didatangi banyak orang untuk mengucapkan salam perpisahan ini. Tapi biarlah sekarang seperti ini adanya. Terima kasih kepada fans yang selalu mencintai saya dan sekarang adalah akhirnya," tutup Messi dengan terisak.

Sumber: AP Photo/Goal International

KOMENTAR