BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Potret Keren Para Rider MotoGP Latihan Motor Lagi Jelang Musim 2021

22-01-2021 11:50 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) Facebook/Valentino Rossi Valentino Rossi (c) Facebook/Valentino Rossi

Bola.net - Tahun 2021 sudah mulai berjalan, dan ini tanda bahwa para pembalap MotoGP harus mengembalikan fisiknya menjadi sebugar mungkin usai rehat selama Desember lalu. Banyak pembalap yang sudah mulai berlatih dengan berbagai jenis motor dan di berbagai jenis trek.

Sayang, beberapa rider belum dapat kans latihan motor. Johann Zarco (Pramac Racing) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) misalnya. Keduanya berniat 'nebeng' di uji coba WorldSBK Jerez, Spanyol, 20-21 Januari. Namun, rencana batal usai trek itu diguyur hujan terus menerus.

Rider lainnya pun lebih beruntung. Mereka bisa menjalani latihan motor di mana pun tanpa harus diganggu cuaca buruk meski Eropa sedang melalui musim dingin. Meski uji coba pramusim MotoGP baru akan digelar pada 6-7 dan 10-12 Maret nanti, mereka sudah bekerja keras.

Berikut deretan foto keren para rider MotoGP yang sudah mulai berlatih motor di area masing-masing.

1 dari 11 halaman

Joan Mir

Usai jadi juara dunia tahun lalu, Joan Mir sama sekali tak bersantai. Ia bahkan langsung menjalani latihan sepanjang Desember, dilanjutkan dengan latihan motocross di Bud Racing Training Camp di Prancis. Di sana, rider Suzuki Ecstar ini pun berlatih dengan sang sahabat yang kini turun di WorldSBK bersama Barni Racing Team, Tito Rabat.

2 dari 11 halaman

Pol Espargaro

Usai kontraknya dengan KTM resmi berakhir pada 31 Desember 2020, Pol Espargaro pun langsung meninggalkan motor-motor KTM-nya demi beralih ke motor-motor Honda. Salah satunya motor motocross, yang langsung ia pakai latihan di Rocco's Ranch, Catalunya, Spanyol.

3 dari 11 halaman

Jack Miller

Pada pertengahan Desember lalu, Jack Miller akhirnya mudik ke Australia meski harus menjalani karantina selama 14 hari. Pada awal bulan ini, ia pun melanjutkan tradisinya tiap tahun, yakni ikut ajang dirt bike, North Brisbane Cup yang digelar di Mick Doohan Raceway. Ia bahkan sukses naik podium. Kini, ia sudah kembali ke Andorra dan kembali latihan motocross.

4 dari 11 halaman

Pecco Bagnaia, Franco Morbidelli, dan Luca Marini

Setelah berpartisipasi di ajang balap ketahanan mobil Gulf 12 Hours di Bahrain, Luca Marini kembali ke Italia dan langsung berlatih motocross bersama rider VR46 Riders Academy lainnya yang juga rider MotoGP, Pecco Bagnaia dan Franco Morbidelli. Mereka pun berkendara di Scatafossi Camp.

5 dari 11 halaman

Fabio Quartararo

Usai mengunjungi markas Yamaha Motor Racing di Italia pada Senin (18/1/2021) lalu, Fabio Quartararo pun akhirnya kembali latihan motocross di Ottobiano Motorsport. Selama setahun terakhir, rider anyar Monster Energy Yamaha ini memang jarang latihan motor demi menghindari cedera.

6 dari 11 halaman

Alex Rins

Sama seperti Espargaro, Alex Rins juga memilih latihan motocross di Rocco's Ranch. Menurut rider Suzuki Ecstar ini, latihan motocross membantunya menganalisa kondisi bahu kanannya yang sempat dislokasi dan retak usai kecelakaan di Jerez tahun lalu. Ia mengaku nyaman-nyaman saja, dan memutuskan untuk tak menjalani operasi.

7 dari 11 halaman

Alex Marquez

Walau masih belum bisa latihan bareng dengan sang kakak, Marc Marquez, yang masih cedera lengan, Alex Marquez tetap bekerja keras dengan latihan motocross di Lleida, Spanyol. Juara dunia Moto2 2019 yang bakal membela LCR Honda ini beberapa kali bahkan kedapatan berlatih dengan Joan Mir dan Tito Rabat.

8 dari 11 halaman

Jorge Martin

Berbeda dengan kebanyakan pembalap yang fokus latihan motocross dan flat track, Jorge Martin lebih konsentrasi berlatih di atas motor Panigale V4S. Motor itu merupakan hadiah dari Ducati usai rider anyar Pramac Racing itu mengaku belum pernah sekalipun mengendarai motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar dari motor Moto2. Ia pun sudah berhari-hari latihan di Cartagena dan Almeria, Spanyol.

9 dari 11 halaman

Danilo Petrucci

Meski sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia road racing, Danilo Petrucci dikenal sangat mencintai arena dirt track. Pada Desember lalu, ia bahkan ikut ajang enduro Reli Sardegna. Kini, ia pun kembali berlatih motocross di Crossodromo Internazionale Estanatoglia, Italia. Karena kini sudah hengkang dari Ducati, ia pun senang kini tak perlu menutup-nutupi bahwa selama ini ia selalu latihan pakai motor KTM.

10 dari 11 halaman

Valentino Rossi

Sama seperti Marini, usai turun di Gulf 12 Hours, Valentino Rossi kembali ke Italia dan langsung berlatih flat track di Motor Ranch bersama anak-anak didiknya di VR46 Riders Academy. Sayangnya, akibat Covid-19 kali ini Rossi tak bisa menggelar EnduRanch dan La 100km dei Campioni, yakni ajang balap yang biasanya dihadiri oleh banyak rider MotoGP, Moto2, Moto3, WorldSBK, dan berbagai disiplin balap lainnya.

11 dari 11 halaman

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa

KOMENTAR