BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Deretan Desain Corak Motor MotoGP 2020, Manakah yang Paling Keren?

03-04-2020 17:10 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso (c) Yamaha/Honda/Ducati Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso (c) Yamaha/Honda/Ducati

Bola.net - MotoGP 2020 belum juga bergulir akibat penundaan seri perdana yang diakibatkan pandemi virus corona (Covid-19) yang merebak di seluruh penjuru bumi. Meski begitu, 11 tim balap yang ada telah meluncurkan skuadnya masing-masing.

Dalam acara-acara presentasi tersebut, tim-tim MotoGP tak sekadar memperkenalkan para pebalap yang akan membela mereka tahun ini, melainkan juga memamerkan livery atau corak yang akan mereka gunakan sepanjang musim.

Beberapa tim memutuskan untuk mengubah desainnya dibanding tahun 2019, namun ada pula yang memamerkan desain corak yang baru hingga terlihat segar sekaligus bisa menyemangati para pebalapnya untuk tampil keren baik secara visual maupun hasil.

Berikut 12 desain corak berbeda yang akan dipamerkan 11 tim MotoGP pada 2020. Corak tim manakah yang jadi favorit kamu? Simak galerinya berikut yuk, Bolaneters!

1 dari 13 halaman

Ducati Team

Desmosedici GP20 milik Andrea Dovizioso (c) Ducati Desmosedici GP20 milik Andrea Dovizioso (c) Ducati

Ducati menjadi tim MotoGP pertama yang menggelar presentasi dan peluncuran skuad dan corak barunya menjelang musim baru. Acara ini pun digelar di Palazzo Re Enzo in Piazza Maggiore, Bologna, Italia, pada Kamis (23/1/2020).

Meski mengurangi begitu banyak penggunaan warna putih, motor Desmosedici GP20 masih didominasi warna merah khas Ducati, kini corak motor dan baju balap mereka juga memiliki kesan hitam dan khrom pada beberapa bagian.

2 dari 13 halaman

Repsol Honda

RC213V 2020 milik Marc Marquez (c) HRC RC213V 2020 milik Marc Marquez (c) HRC

Menyongsong MotoGP 2020, Repsol Honda menjadi tim kedua setelah Ducati Team yang menggelar presentasi dan peluncuran skuad terbarunya. Menaungi Marc Marquez dan Alex Marquez, Repsol Honda pun menggelar acara tersebut di Jakarta, Indonesia, pada Selasa (4/2/2020).

Tak mengalami banyak perubahan, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, livery atau corak Repsol Honda masih didominasi warna merah dan oranye, serta hitam dan putih di beberapa bagian, sesuai warna khas Repsol.

3 dari 13 halaman

Suzuki Ecstar

GSX-RR 2020 milik Alex Rins (c) Suzuki GSX-RR 2020 milik Alex Rins (c) Suzuki

Setelah Ducati Team dan Repsol Honda, Suzuki Ecstar jadi tim ketiga MotoGP yang resmi mempresentasikan dan meluncurkan skuad terbaru mereka untuk musim ini. Acara tersebut digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (6/2/2020).

Ada perubahan pada livery atau corak mereka. Jika dulu didominasi warna biru, kini Suzuki menambahkan abu-abu pada bagian kiri dan kanan motor. Corak ini terinspirasi corak motor Suzuki di ajang Grand Prix pada 1962. Tahun itu menandai kesuksesan Suzuki meraih gelar dunia pertama mereka, yakni di kelas GP50 bersama rider asal Jerman, Ernst Degner.

4 dari 13 halaman

Monster Energy Yamaha

YZR-M1 2020 milik Valentino Rossi (c) Yamaha YZR-M1 2020 milik Valentino Rossi (c) Yamaha

Monster Energy Yamaha menjadi tim keempat yang meluncurkan skuadnya untuk MotoGP 2020. Acara ini pun digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (6/2/2020).

Livery atau corak Monster Energy Yamaha yang digunakan Maverick Vinales dan Valentino Rossi musim ini pun masih sama persis dengan corak yang pertama kali mereka kenakan di MotoGP tahun lalu.

5 dari 13 halaman

Petronas Yamaha SRT

YZR-M1 2020 milik Fabio Quartararo (c) SRT YZR-M1 2020 milik Fabio Quartararo (c) SRT

Petronas Yamaha SRT resmi menjadi tim kelima yang meluncurkan skuadnya untuk MotoGP 2020. Seperti Suzuki Ecstar dan Monster Energy Yamaha, SRT menggelar acara ini di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (6/2/2020).

Livery atau corak Petronas Yamaha SRT musim ini pun tak terlalu jauh berbeda dengan corak yang pertama kali mereka kenakan di MotoGP tahun lalu: yakni memiliki beberapa bagian berwarna hitam, dan juga toska seperti warna kebanggaan Petronas.

6 dari 13 halaman

Reale Avintia Racing

Desmosedici GP19 milik Tito Rabat (c) Avintia Racing Desmosedici GP19 milik Tito Rabat (c) Avintia Racing

Reale Avintia Racing menjadi tim keenam yang menggelar acara presentasi dan peluncuran skuad menjelang dimulainya MotoGP 2020. Tim asal Spanyol ini menggelar acara tersebut di Hard Rock Cafe di Andorra pada Jumat (14/2/2020).

Avintia pun tahun ini menghapus banyak penggunaan warna putih pada motor Ducati Desmosedici milik Tito Rabat dan Johann Zarco, dan kini warna biru makin mendominasi di seluruh bagian motor.

7 dari 13 halaman

Red Bull KTM Factory Racing

KTM RC16 2020 milik Pol Espargaro. (c) KTM/Sebas Romero KTM RC16 2020 milik Pol Espargaro. (c) KTM/Sebas Romero

KTM menjadi pabrikan kelima yang secara resmi mempresentasikan skuadnya untuk menghadapi MotoGP 2020. Menggelar acara tersebut di Austria pada Selasa (18/2/2020) dan mempublikasinya secara daring.

Corak Red Bull KTM Factory Racing tak banyak berubah dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni didominasi oleh warna hitam, serta dihiasi warna oranye dan merah khas Red Bull.

8 dari 13 halaman

Red Bull KTM Tech 3

KTM RC16 2020 milik Iker Lecuona. (c) KTM/Sebas Romero KTM RC16 2020 milik Iker Lecuona. (c) KTM/Sebas Romero

Presentasi dan peluncuran skuad Red Bull KTM Tech 3, digelar bersamaan dengan Red Bull KTM Factory Racing, yakni dilakukan secara daring di Austria pada Selasa (18/2/2020).

Red Bull KTM Tech 3 punya corak baru. Meski masih pakai warna biru dan oranye, kini mereka tak lagi disponsori Red Bull Energy Drink, melainkan Red Bull Organics. Tulisan 'Cola' pada bagian motor adalah salah satu dari empat rasa minuman yang dirilis oleh Red Bull Organics.

9 dari 13 halaman

LCR Honda Castrol

RC213V 2020 milik Cal Crutchlow (c) LCR Honda RC213V 2020 milik Cal Crutchlow (c) LCR Honda

LCR Honda merupakan satu-satunya tim yang sama sekali tak menggelar acara presentasi tim. Mereka hanya mengirimkan Cal Crutchlow untuk tampil dalam acara wawancara khususnya dengan BT Sport di London, Inggris, pada pertengahan Februari.

Corak motor RC213V milik Crutchlow, kini lebih didominasi warna merah dari GIVI. Meski begitu, ketika musim balap berjalan nanti seperti biasa corak motornya akan berganti-ganti menyesuaikan sponsor yang ingin ditampilkan di seri-seri balap tertentu.

10 dari 13 halaman

LCR Honda Idemitsu

RC213V 2019 milik Takaaki Nakagami (c) LCR Honda RC213V 2019 milik Takaaki Nakagami (c) LCR Honda

Jika corak motor Crutchlow dipamerkan lewat BT Sport, berbeda lagi dengan tandemnya yang disponsori Idemitsu, Takaaki Nakagami. Sama sekali tak ada peresmian apa pun, tahu-tahu corak motornya dipamerkan lewat laman resmi LCR Honda di Facebook pada Sabtu (29/2/2020).

Corak motor Nakagami juga tak berubah banyak dibanding tahun lalu, masih didominasi warna merah dan putih sesuai dengan logo Idemitsu dan bendera Jepang, negara asal Nakagami.

11 dari 13 halaman

Aprilia Racing Team Gresini

Aprilia RS-GP 2020 milik Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Aprilia RS-GP 2020 milik Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Aprilia Racing Team Gresini menjadi tim ke-10 sekaligus pabrikan keenam yang meluncurkan skuad balap mereka untuk MotoGP 2020. Acara peluncuran tim ini pun digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada Jumat (21/2/2020).

Soal livery atau corak RS-GP 2020, tak terlalu banyak perubahan dibanding tahun lalu. Motor tersebut masih didominasi warna hitam, dan terdapat guratan merah, putih, hijau, sesuai bendera Italia di beberapa sisi. Meski begitu, sayap aerodinamika mereka kini dihiasi tulisan 'Aprilia' berukuran besar dengan warna kuning.

12 dari 13 halaman

Pramac Racing

Desmosedici GP20 milik Jack Miller (c) Pramac Racing Desmosedici GP20 milik Jack Miller (c) Pramac Racing

Pramac Racing resmi menjadi tim terakhir yang meluncurkan skuadnya untuk MotoGP 2020. Acara ini pun digelar di Italia, Kamis (5/3/2020). Tak ada acara besar-besaran dalam peluncuran ini, karena hanya dilakukan secara daring, setelah rencana peluncuran di Qatar harus dibatalkan akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Livery atau corak Pramac Racing tahun ini sangat berbeda dibanding tahun lalu, meski masih mengandalkan warna merah dan biru. Corak yang didesain oleh Centro Stile Lamborghini ini, kini memberikan porsi lebih besar untuk warna merah yang merupakan warna khas Ducati.

13 dari 13 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR