BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Banjir Pujian Gara-Gara Jadi 'Oren', Ini Corak Tech 3 di MotoGP Selama 5 Tahun Terakhir

14-02-2021 12:36 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Sebas Romero
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Sebas Romero

Bola.net - Sejauh ini, sudah ada empat tim MotoGP meluncurkan skuadnya menjelang dimulai musim 2021, yakni Esponsorama Racing, Ducati Team, Red Bull KTM Factory Racing, dan Tech 3 KTM Factory Racing. Dari keempatnya, corak motor RC16 milik Tech 3 paling disorot.

Pasalnya, warnanya didominasi warna khas KTM, oranye. Ada beberapa guratan warna hitm dalam beberapa sisi, namun paling besar hanyalah berupa logo KTM. Corak tim asal Prancis ini pun paling banyak menuai pujian dari banyak penghuni paddock MotoGP dan para penggemar.

Banyak pula yang menganggap motor ini pasti akan paling mencolok di grid, dan bagai nostalgia pada motor KTM GP250 milik Mika Kallio pada 2005. Uniknya, ini keempat kalinya Tech 3 harus mengganti corak motornya, tak seperti Red Bull KTM Factory Racing yang tak banyak mengalami perubahan sejak 2017.

Berikut galeri foto corak motor Tech 3 selama lima tahun terakhir di MotoGP.

1 dari 6 halaman

2017 - Monster Yamaha Tech 3

Jonas Folger (c) AFP
Jonas Folger (c) AFP

Corak Tech 3 pada 2017 didominasi warna hitam karena kala itu mereka masih disponsori oleh Monster Energy. Warna hitam sudah mereka pakai sejak 2009, menanggalkan warna biru khas Tech 3 yang kala itu masih bisa dilihat dari motor-motor Moto2 mereka.

2 dari 6 halaman

2018 - Monster Yamaha Tech 3

Johann Zarco (c) AFP
Johann Zarco (c) AFP

Corak yang sama pun dipertahankan Tech 3 pada 2018. Sebagai catatan, desain corak yang nyaris sama sudah mereka pakai sejak 2014, yakni saat mereka menaungi Bradley Smith dan Pol Espargaro.

3 dari 6 halaman

2019 - Red Bull KTM Tech 3

Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose
Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose

Corak Tech 3 pun berubah total pada 2019, saat mereka memulai kerja sama dengan KTM. Warna biru kebanggaan mereka pun kembali hadir, yang kebetulan juga senada dengan warna khas Red Bull Energy Drink. Namun, kini dipadukan dengan warna oranye khas KTM.

4 dari 6 halaman

2020 - Red Bull KTM Tech 3

Iker Lecuona (c) KTM/Tech 3
Iker Lecuona (c) KTM/Tech 3

Pada 2020, Red Bull Energy Drink meninggalkan Tech 3, dan digantikan oleh Red Bull Organics. Minuman produksi Red Bull Organics sejatinya memiliki beragam warna, namun Tech 3 tetap memakai warna biru-oranye seperti pada kaleng rasa 'Simply Cola'. Alhasil, logo 'Red Bull' yang besar digantikan oleh logo 'Simply' di bagian kiri motor, dan 'Cola' di bagian kanan.

5 dari 6 halaman

2021 - Tech 3 KTM Factory Racing

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Iker Lecuona (c) KTM Images/Sebas Romero
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Iker Lecuona (c) KTM Images/Sebas Romero

Usai Red Bull memutuskan mundur sepenuhnya dari proyek mereka pada 2021, Tech 3 merasa kalut karena takkan punya sponsor utama. Namun, KTM tak mempermasalahkan hal ini dan justru mendukung mereka sepenuhnya dengan dukungan pabrikan seperti biasa. Alhasil, Tech 3 takkan turun dengan sponsor utama musim ini, hingga corak motornya benar-benar oranye seperti warna khas KTM.

Sumber foto: AFP, KTM Images/Gold and Goose, KTM Images/Tech 3 Racing, KTM Images/Philip Platzer

6 dari 6 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR