BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA
Trik Memotret Pertandingan Olahraga Secara Ciamik
19-03-2019 00:01

 (c) Shutterstock (c) Shutterstock

Bola.net - Kesempatan menonton langsung pertandingan olahraga sungguh sayang kalau dilewatkan tanpa ada kenang-kenangan apa pun. Namun, memotret pertandingan olahraga yang sedang berlangsung memang agak tricky. Pasalnya, obyek selalu bergerak sehingga mudah blur.
Foto akan semakin sulit dilakukan kalau pertandingannya berlangsung outdoor dengan pencahayaan minim. Namun, bukan berarti hal itu mustahil dilakukan. Ada beberapa cara simpel yang bisa dilakukan untuk menghasilkan foto olahraga ciamik. Apa saja?


1. Menyiapkan smartphone dengan kamera bagus


Memotret pertandingan olahraga tak selalu harus pakai kamera profesional. Anda juga bisa memanfaatkan smartphone milikmu. Walaupun begitu, pastikan kamera smartphone Anda memiliki resolusi cukup tinggi, minimal 12 MP. Akan lebih baik lagi kalau kamera Anda dilengkapi dengan fitur Phase Detection Auto Focus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menangkap obyek bergerak secara cepat tapi tetap fokus.


2. Mendekati obyek


Foto akan tampak lebih bagus kalau dipotret dari jarak dekat daripada hasil zoom in. Pasalnya, zoom in dapat menurunkan resolusi foto sehingga akan tampak pecah. Apabila Anda duduk di barisan tengah atau belakang, usahakan untuk maju ke deretan barisan depan atau pagar pembatas. Namun, pastikan Anda tidak menghalangi pandangan penonton lainnya ya.


3. Aktifkan fitur HDR


Di dalam menu kamera smartphone biasanya terdapat pilihan fitur High Dynamic Range (HDR). Fitur ini berfungsi untuk menangkap gambar secara detail meski dalam keadaan terpaan cahaya yang kuat. Artinya, backlight dapat diminimalisir dan foto akan tetap terlihat jelas. Fitur ini sangat bermanfaat buat Anda saat lagi menonton pertandingan olahraga di outdoor pada siang hari. Anda bisa memotret pertandingan yang sedang berlangsung atau para pemain bebas gelap akibat backlight.


Fitur HDR juga bermanfaat pada malam hari. Terkadang, stadion memasang pencahayaan yang sangat terang. Akibatnya, cahaya terlihat memantul di dalam foto. Nah, fitur HDR dapat meminimalisir cahaya yang berlebihan ini.


4. Pakai flash dari jarak jauh


Saat menonton pertandingan yang berlangsung malam hari, Anda juga bisa memanfaatkan flash untuk menghasilkan foto dengan tampilan jelas. Namun, pastikan Anda memotret dari tempat yang agak jauh. Pasalnya, kalau memotret dengan flash dari jarak dekat akan membuat obyek tampak tidak jelas dan background terlihat blur.


Itu adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan foto olahraga ciamik. Tak terlalu rumit, kan? Anda cukup membekali diri dengan smartphone yang mumpuni dan memiliki fitur cukup lengkap.


Apabila Anda belum memilikinya, segera ganti ponsel Anda dengan smartphone baru. Tenang saja, Anda bisa mendapatkan smartphone baru dengan harga terjangkau, kok. Anda bisa memanfaatkan promo besar-besaran yang sedang diadakan Tokopedia, yaitu Promo Maret Mantap. Di sana, kamu bisa mendapatkan cashback hingga Rp 500 ribu untuk pembelian apa saja. Info lengkap klik di sini


Cobain, yuk!

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

KOMENTAR