BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA
Startup Decacorn Setara 7 Klub Sepak Bola Ternama Dunia
27-02-2019 12:20

 (c) shutterstock (c) shutterstock

Bola.net - Memenangkan banyak turnamen di tiap musim tak menjadi indikator kesuksesan sebuah klub. Saat ini nilai jual klub menjadi indikator apakah klub tersebut dijalankan dengan benar atau tidak baik dari sisi manajemen maupun citra klub.

Nilai jual yang tinggi bisa menjadi tolok ukur kepopuleran sebuah klub, seperti dirilis Brand Finance, sebuah konsultan valuasi ternama yang merilis daftar 7 klub dengan harga jual tertinggi di tahun 2018.

Siapa sangka Manchester United bertengger di posisi teratas sebagai klub dengan harga jual paling tinggi dengan nilai US$ 1,89 miliar (Rp 28,8 triliun), padahal klub asal Inggris ini sedang kekeringan gelar sejak ditinggal sang pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson.

Posisi dua dan tiga ditempati berturut-turut oleh dua raksasa La Liga, Real Madrid dan Barcelona, dengan harga jual mencapai US$ 1,573 miliar (Rp 22,07 triliun) dan Barcelona dengan US$ 1,511 miliar (Rp 21,18 triliun).

Sementara di urutan keempat diisi raksasa Jerman, Bayern Munchen dengan US$ 1,4 miliar (19,6 triliun). Sisanya berturut-turut adalah Manchester City US$ 1,3 miliar (18,2 triliun), Liverpool FC US$ 1,2 miliar (Rp 16,8 triliun), dan Chelsea US$ 1,19 miliar (16,69 triliun).

Benar-benar nilai yang fantastis, bukan? Meskipun begitu bila seluruh valuasi dari ketujuh klub tersebut digabungkan baru setara dengan sebuah startup Decacorn. Decacorn adalah startup dengan nilai valuasi lebih dari US$ 10 miliar (Rp 140 triliun).

Di Asia Tenggara sendiri baru ada satu startup dengan level Decacorn yaitu Grab. Di Indonesia sendiri Grab dikenal tak hanya sebagai sekadar aplikasi transportasi, namun lebih dari itu. Grab Indonesia bisa dikatakan sebagai everyday superapp, di mana layanan ini berevolusi dari layanan taksi menjadi aplikasi pemesanan transportasi (GrabBike dan GrabCar).

Aplikasi Grab sendiri sudah diunduh sebanyak 138 juta kali dengan 9 juta pengusaha UKM di seluruh jaringannya. Transformasi Grab menjadi startup Decacorn tak terlepas dari mitra pengemudi dan konsumen yang selalu setia memakai layanan GRAB sebagai solusi kebutuhan masyarakat akan solusi transportasi aman dan tepercaya.

Highlights Copa America, VAR Gagalkan Dua Gol Brasil ke Gawang Venezuela
Shandy Aulia Tidak Ikuti Program Kehamilan

KOMENTAR