BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sempat Sedih Hilang Penglihatan, Debi Ariesta Justru Sabet Dua Emas

11-10-2018 11:25 | Anindhya Danartikanya

Debi Ariesta (c) Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo Debi Ariesta (c) Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo

Bola.net - Debi Ariesta sukses mencuri perhatian di ajang Asian Para Games 2018. Pecatur putri Indonesia ini sukses merebut dua medali emas, yakni dari nomor tunggal dan beregu putri VI-B1 (buta total) sekaligus di GOR Cempaka Putih, Jakarta pada Rabu (10/10). Meski begitu, Debi mengaku di balik kesuksesannya terdapat rasa sedih yang pernah ia alami.

Saat masih remaja, Debi mengaku sempat frustrasi atas keterbatasan fisiknya. Ia mengaku kerap mengamati anggota keluarga dan teman-temannya bermain catur sejak masih anak-anak. Meski begitu, Debi harus menghadapi fakta bahwa dirinya kehilangan penglihatan akibat penyakit katarak sejak kelas 5 SD.

"Saya sudah dari kecil bermain catur. Awalnya tahu dari teman dan suka melihat keluarga bermain. Jadi saya kemudian ikut bermain catur. Saat itu belum ada masalah dengan penglihatan, tapi sekarang memang harus bermain dengan meraba," ujar Debi. "Saat duduk di kelas 5 SD saya mulai kesulitan melihat. Itu karena katarak hingga akhirnya saya benar-benar tidak bisa melihat pada usia 14 tahun. Saya tidak melanjutkan sekolah saat itu," lanjutnya.

Kondisi tersebut sempat membuat Debi frustrasi. Ia mengaku sempat ingin bunuh diri dengan meminum shampo. Meski begitu, akhirnya Debi bangkit, dan ia mengaku ini semua berkat orang tuanya, yang memintanya untuk menerima keadaan dan pantang menyerah menjalani hidup.

Bangkit dan menggeluti olahraga catur bisa membuat Debi menemukan jalan hidup lebih baik. Sejumlah prestasi diraihnya seakan merupakan jawaban dari Tuhan atas pengharapannya. "Saya mulai peringkat kedua di Kejurnas 2011, lalu ikut ASEAN Para Games 2013 di Myanmar dan ikut lagi di Singapura pada 2015. Saya dapat medali perak perorangan dan emas beregu. Kemudian ikut lagi di Malaysia dan dapat emas juga," kisah Debi.

Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018.

Sumber: Bola.com

KOMENTAR